Pacitan (ANTARA News) - Calon gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku optimistis bisa memenangi Pemilihan Gubernur 29 Agustus 2013 dengan suara signifikan dibanding calon lain.

"Insya Allah menang. Kami selalu optimistis hasilnya sesuai dengan harapan kita selama ini," ujarnya saat menggelar kampanye akbar di alun-alun Kota Pacitan, Selasa.

Namun, ia menolak menyebut target perolehan maupun persentase suara. Sebaliknya, ia hanya mengukur besarnya gelombang dukungan melalui partisipasi dan antusiasme masyarakat dalam setiap kampanye yang digelar Karsa di berbagai daerah di Jatim.

"Tidak baik itu (menyebut target suara). Ya nanti lah, yang jelas kami optimistis (menang satu putaran)," tandasnya.

Diungkapkan Pakde Karwo, keyakinan itu didasari kenyataan di lapangan, dimana dukungan terhadapnya dirasakan masih besar.

Ia lantas menganalogikan rangkaian kampanyenya dengan istilah "grayak-grayak" (meraba-raba).

Melalui proses perabaan itu, kata dia, Soekarwo mengaku merasakan masih besarnya dukungan dan simpati pemilih yang signifikan dengan istilah "setrum" (arus listrik) besar.

"Saya tidak tahu (jumlah besarnya dukungan). Tapi saya hanya grayaki (meraba)," tukasnya.

Menurut Sokarwo, untuk terus memajukan Jatim ada sejumlah program yang ditawarkan, di antaranya adalah bidang pemberdayaan ekonomi perempuan melalui Koperasi Wanita (Kopwan), usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan penguatan akses modal.

Pemberdayaan ekonomi perempuan, misalnya, dipilih sebagai salah satu isu kampanye karena dampaknya cukup besar. Sebab selama ini kaum hawa menjadi salah satu penggerak utamanya.

Sebelum menggelar kampanye terbuka di alun-alun Kabupaten Pacitan, Soekarwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur tersebut menyempatkan diri mengunjungi dua pasar tradisional setempat, yakni Pasar Minulyo dan Arjowinangun.

Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo terlihat beberapa kali berbincang-bincang dengan para pedagang didampingi Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Bendahara DPP Partai Demokrat Sartono, serta Bupati Pacitan Indartato.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013