Amsterdam (ANTARA) - Ratusan demonstran berkumpul di Amsterdam untuk menyatakan dukungan terhadap rakyat Palestina dan mengutuk serangan Israel di Jalur Gaza.

Seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Minggu, demonstran berkumpul di Museum Square di ibukota Belanda itu dan mendengarkan pidato yang mengecam dukungan AS Inggris dan negara Barat lainnya terhadap Israel yang menyerang Gaza.

Sebagian demonstran mengibarkan spanduk bertuliskan "Palestina akan bebas dari sungai sampai laut", ""gencatan senjata sekarang", "Hentikan genosida" dan "Genosida terjadi di Palestina sekarang."

Mereka juga mengenakan baju warna putih dengan tangan yang dicat merah untuk menarik perhatian dunia mengenai jumlah anak-anak yang terbunuh di Gaza.

Massa kemudian berjalan menuju Dam Square, lokasi akhir protes dan meletakkan ribuan pasang sepatu anak-anak yang bertuliskan nama dan usia masing-masing.

Sejak serangan Israel terhadap Gaza pada 7 Oktober 2023, pasukan Israel semakin meningkatkan operasi militer di Tepi Barat, menyerang kota, kamp pengungsian dan terakhir menimbulkan korban sebanyak 347 orang pada Sabtu.

Secara keseluruhan, kehancuran akibat perang di Gaza sampai Sabtu telah merenggut 23.384 jiwa, 60.317 luka-luka, kerusakan total infrastruktur dan menimbulkan bencana kemanusiaan, demikian menurut keterangan PBB.

Sumber : Anadolu

Baca juga: Israel lanjutkan serangan, warga Palestina yang tewas tembus 23.700
Baca juga: Ribuan orang di Tel Aviv tuntut Pemerintah Israel mundur
Baca juga: Ribuan orang gelar aksi di depan Kedubes AS tuntut gencatan senjata di Gaza

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024