Pedagang kaki lima segera masuk ke bangunan Pasar Tanah Abang Blok G, besok atau lusa,"
Jakarta (ANTARA News) - Gebernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Jajaran di PD Pasar Jaya untuk segera memasukkan pedagang kaki lima (PKL) yang telah mengambil undian ke bangunan Pasar Tanah Abang Blok G.

"Pedagang kaki lima segera masuk ke bangunan Pasar Tanah Abang Blok G, besok atau lusa," kata Jokowi saat mendatangi Pasar Tanah Abang Blok G Jakarta, Selasa.

Dalam keterangan tertulis Humas PD Pasar Jaya menyebutkan, seluruh jajaran Direksi PD Pasar Jaya yang mendengar perintah Jokowi tersebut segera mengadakan rapat dadakan di Pasar Tanah Abang Blok G.

"Memang kita rencanakan awalnya para pedagang masuk ke bangunan Pasar Tanah Abang Blok G pada awal September 2013, namun para pedagang menginginkan bisa cepat berdagang, sehingga Bapak Jokowi tadi memerintahkan PD Pasar Jaya melalui Direksi, bahwa segera memasukkan pedagang kaki lima besok atau lusa, sedangkan proses pekerjaan yang masih berlangsung tetap dilaksanakan percepatan," kata Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun.

Agus menjelaskan bahwa Direksi PD Pasar Jaya mengambil kebijakan untuk penyerahan kunci / tempat usaha bagi PKL yang telah mengambil undian, dilakukan secara bertahap mulai pukul 09.00 -- 15.00 WIB bertempat di Kantor Pasar Tanah Abang Blok G lantai 4.

Adapun jadwal pengambilan kunci yakni Hari Kamis, 22 Agustus 2013 untuk PKL yang mendapat tempat di lantai 3, Hari Jumat, 23 Agustus 2013  untuk PKL yang mendapat tempat di lantai 2, Hari Senin, 26 Agustus 2013 untuk PKL yang mendapat tempat di lantai 1, dan terakhir Hari Selasa, 27 Agustus 2013 untuk PKL yang mendapat tempat di lantai dasar.

"Pentahapan ini dilakukan karena biasanya para pedagang setelah menerima kunci, mereka melakukan penataan di tempat usaha (fitting-out), dan juga mempertimbangkan untuk tertibnya pelaksanaan penyerahan kunci/tempat usaha," katanya.

Dalam lawatannya kali ini, Jokowi sempat blusukan ke dalam Pasar Tanah Abang Blok G, dari lantai dasar hingga lantai tiga, melihat secara langsung tempat usaha yang sudah diperbaiki dan pekerjaan yang masih dilaksanakan oleh PD Pasar Jaya, membuat pengunjung dan pedagang pasar ikut berdesakan ingin melihat secara langsung sosok Gubernur yang menjadi primadona ini.

Sebelum meninggalkan Pasar Tanah Abang Blok G, Jokowi sempat membagikan buku tulis kepada warga masyarakat di pasar tersebut.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013