Jakarta (ANTARA) -
Forum Guru Ngaji dan Kiai Kampung se-Provinsi Lampung mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan saat acara Haul Akbar K.H. Abdul Chalim dan K.H. Maksum di Kabupaten Lampung Timur, Minggu.
 
Dalam keterangan tertulis dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN yang diterima di Jakarta, perwakilan dari Forum Guru Ngaji dan Kiai Kampung se-Provinsi Lampung K.H. Bahaudin Naqsobandi memimpin langsung deklarasi dukungan tersebut.
 
Dalam deklarasi itu, ribuan peserta mengucapkan dua ikrar, yaitu mendukung pasangan calon (paslon) nomor urut 1 AMIN dan berperan aktif mengawal proses pemilu yang berlangsung umum, bebas, jujur, dan adil.
 
"Kami Forum Guru Ngaji dan Kiai Kampung se-Provinsi Lampung menyatakan siap memenangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia," kata K.H. Bahaudin atau Gus Baha dan ribuan peserta yang hadir dalam deklarasi itu.
 
Mereka berharap ikrar dukungan itu bisa mengantarkan kemenangan bagi AMIN dan juga mendapatkan rahmat dari Allah Swt.
 
Sementara itu, Capres RI Anies yang hadir di lokasi acara menyebut almarhum K.H. Abdul Chalim dan K.H. Maksum sebagai pribadi yang "panjang umur".
 
"Mereka adalah pribadi-pribadi yang usianya sudah dicukupkan, tetapi umurnya panjang. Kenapa? Masyarakat sampai hari ini masih mengirimkan doa dan meneladani mereka. Itulah artinya panjang umur walaupun usianya sudah selesai," kata mantan Rektor Universitas Paramadina itu.
 
Anies juga mengaku bersyukur bisa menghadiri acara tersebut. Dia berharap bisa mengambil hikmah dari perjalanan hidup para kiai tersebut.

Baca juga: Anies hadiri Haul Akbar K.H. Abdul Chalim dan K.H. Maksum di Lampung
Baca juga: Deklarator Kaukus 89 minta penyelenggara pemilu jaga netralitas

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024