Labuan Bajo, Manggarai Barat (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi rencana Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang bakal turun gunung saat kampanye akbar Pemilu 2024 pada 21 Januari 2024 sampai dengan 10 Februari 2024.

Dia menjelaskan ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Maju sejak awal selalu turun langsung bertemu masyarakat dan mendampingi kegiatan kampanye pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kami sudah di daratan terus, enggak di gunung,” kata Airlangga menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui selepas peringatan Natal nasional Partai Golkar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu.

Beberapa ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Maju rutin mendampingi kegiatan kampanye Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dalam beberapa pekan terakhir. Dalam rangkaian kampanye Prabowo di Sumatera minggu ini misalnya, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mendampingi kegiatan kampanye Prabowo di Bandar Lampung, kemudian Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra mendampingi Prabowo berkampanye di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Kemudian, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga beberapa kali mendampingi kegiatan kampanye Prabowo, antara lain di Blitar, Jawa Timur dan di Aceh. Di Aceh, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sekaligus Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga mendampingi kegiatan Prabowo berkampanye dan bertemu masyarakat.

Airlangga, yang saat ini juga menjabat Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, juga bersama Prabowo berkampanye sekaligus konsolidasi pemenangan pemilu Partai Golkar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada pekan pertama Januari 2024. Prabowo dan Airlangga saat itu masak nasi goreng bersama-sama disaksikan para kader Golkar.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran didukung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, PSI, dan PRIMA.

Sementara itu, terkait rencana Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri turun gunung saat kampanye akbar, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan ketua umum partai akan hadir di tempat yang ditunggu-tunggu rakyat.

“Nanti kita jadwalkan. Insya Allah beliau (Ketua Umum PDIP, red.) akan hadir di tempat-tempat yang memang rakyat menunggu,” kata Puan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024