Alhamdulillah, rangkaian haul Guru Sekumpul berjalan aman, tertib dan lancar tanpa hambatan berarti serta tidak ada kejadian menonjol yang mengganggu kekhusyukan jutaan jamaah yang hadir
Martapura, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Kapolres Banjar jajaran Polda Kalimantan Selatan AKBP Muhammad Ifan Hariyat memperkirakan 3,3 juta jamaah yang mengikuti Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul Martapura, Kalimantan Selatan.

"Perkiraan jumlah jamaah yang hadir mengikuti haul Guru Sekumpul yang mencapai 3,3 juta, itu kami dapat dari sejumlah provider seluler dari orang yang menggunakan HP saat acara berlangsung," ujar Ifan di Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu malam.

Disebutkan Ifan, jutaan jamaah haul itu bukan hanya dari Kabupaten Banjar dan Provinsi Kalimantan Selatan tetapi ada warga juga dari luar Pulau Kalimantan hingga luar negeri.

Ifan menuturkan meskipun jumlah jamaah jutaan orang tetapi prosesi haul berjalan tertib dan tanpa hambatan yang berarti, serta tidak ada kejadian yang menonjol sejak awal hingga haul berakhir.

"Alhamdulillah, rangkaian haul Guru Sekumpul berjalan aman, tertib dan lancar tanpa hambatan berarti serta tidak ada kejadian menonjol yang mengganggu kekhusyukan jutaan jamaah yang hadir," ungkapnya.

Disebutkan Ifan, selain jamaah yang mencapai 3 juta lebih, jumlah bus dan kendaraan roda empat maupun roda dua juga cukup banyak, yakni mencapai 601 bus pada 150 titik yang tersebar di berbagai tempat.

Jumlah kendaraan roda empat dari 196 titik parkir sebanyak 151.119 unit, kemudian motor 1,2 juta dan kapal maupun perahu bermesin atau kelotok sebanyak 533 unit yang sandar pada sejumlah dermaga.

"Jumlah kendaraan sesuai hasil pendataan yang dilakukan Dinas Perhubungan secara manual dan dihitung sesuai masuk kendaraan ke kantong-kantong parkir yang sudah disediakan di berbagai titik," katanya.

Usai proses haul yang diawali Shalat Magrib berjamaah dan shalat Isya, kendaraan jamaah memenuhi jalan utama Sekumpul maupun Jalan Jenderal Ahmad Yani arah Banjarbaru dan kawasan Hulu Sungai.

Sementara itu, hujan mulai mengguyur kawasan Sekumpul dan wilayah Kota Banjarbaru pada pukul 22.00 Wita, sehingga sebagian jamaah berteduh dengan kondisi arus lalu lintas ramai lancar dengan bantuan petugas yang mengatur di lapangan.

Berdasarkan kamera pemantau, hujan deras melanda Kota Martapura, sehingga jalanan cukup lengang karena jamaah yang mengendarai roda dua banyak yang berteduh di sepanjang jalan pada 23.20 Wita.

Baca juga: Kapolri sumbang sapi untuk Haul ke-19 Guru Sekumpul pada 14 Januari

Baca juga: Polisi siagakan perahu evakuasi kondisi darurat haul guru sekumpul

Baca juga: Kapolda Kalsel pantau haul hari pertama Guru Sekumpul


Pewarta: Taufik Ridwan/Yose Rizal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024