Alhamdulillah, meskipun di muara Jalan Sekumpul dan jalan lainnya menuju Kubah Sekumpul dipenuhi ribuan jamaah tetapi situasi maupun kondisi aman, tertib, dan terkendali
Banjarbaru (ANTARA) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Saidi Mansyur meninjau kawasan perempatan Jalan Jenderal Ahmad Yani-Perempatan Jalan Sekumpul yang dipenuhi ribuan jamaah haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul.

Pantauan ANTARA, Ahad, sekitar pukul 14.00 WITA, Bupati Saidi bersama Kapolres Banjar AKBP Muhammad Ifan Hariyat dan Wakapolres Kompol Faisal Amri Nasution memantau simpang empat Sekumpul yang menjadi titik utama menuju Kubah Guru Sekumpul.

"Alhamdulillah, meskipun di muara Jalan Sekumpul dan jalan lainnya menuju Kubah Sekumpul dipenuhi ribuan jamaah tetapi situasi maupun kondisi aman, tertib, dan terkendali," ujar Saidi di Posko Perempatan Sekumpul Martapura.

Baca juga: Gubernur Kalsel salurkan 1,85 ton ikan untuk Haul Guru Sekumpul

Bupati meminta jamaah yang datang dari berbagai daerah di Kalsel dan luar Pulau Kalimantan mengikuti arahan petugas dan relawan serta rambu-rambu yang dipasang untuk memudahkan alur lalu lintas jamaah maupun kendaraan bermotor.

Kapolres Banjar AKBP Muhammad Ifan Hariyat menambahkan arus lalu lintas memang terjadi peningkatan, tetapi situasi masih terkendali meskipun dilakukan pengalihan arus dan penutupan di sejumlah titik ruas jalan menuju kawasan Sekumpul.

"Arus lalu lintas masih aman dan lancar menuju kawasan Sekumpul, hanya dilakukan pengalihan arus roda empat di bundaran Simpang Empat Banjarbaru, tetapi roda dua masih bisa melintas," ujarnya.

Baca juga: Kapolri sumbang sapi untuk Haul ke-19 Guru Sekumpul pada 14 Januari

Dikatakan Ifan, penutupan arus pada titik perempatan Sekumpul dilakukan di Jembatan Sungai Paring dengan mengalihkan kendaraan ke Jalan Menteri Empat sehingga jalur jalan menuju Sekumpul hanya bagi jamaah pejalan kaki.

Sementara itu arus lalu lintas dari kawasan Hulu Sungai juga dipenuhi kendaraan jamaah, sehingga ditutup di pertigaan Haji Duan Kecamatan Astambul dialihkan menuju Stadion Demang Lehman sehingga arus lalu lintas tetap lancar.

"Arus lalu lintas dari kawasan Hulu Sungai juga masih aman dan lancar, meski dilakukan pengalihan arus untuk kendaraan roda empat, hanya roda dua yang masih bisa melintas hingga jalur menuju perempatan Sekumpul," katanya.

Baca juga: Polda Kalsel gelar TFG matangkan pengamanan Haul ke-19 Guru Sekumpul

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024