Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyalurkan sebanyak 1,85 ton ikan segar untuk peringatan Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau lebih akrab Guru Sekumpul di Kabupaten Banjar, Kalsel.
 
"Gubernur menyalurkan bantuan ikan segar itu ke dapur umum di ring 1 dan 2 di wilayah Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Rusdi Hartono di Banjarbaru, Minggu.
 
Menurut dia, penyerahan ikan segar, yakni, peda, lajang dan patin tersebut sejak Jumat (12/1) untuk kebutuhan jamaah yang datang dari berbagai penjuru negeri.
 
"Setiap dapur akan diberikan 20 kg ikan peda, 10 Kg lajang serta 5 Kg patin," ungkapnya.
 
Menurut Rusdi, ada sebanyak 50 dapur umum di wilayah Sekumpul yang mendapatkan distribusi ikan segar dari Gubernur Kalsel tersebut untuk memenuhi kebutuhan jamaah yang datang sejak Jumat hingga hari Minggu ini.
 
Dia pun menyampaikan, bahwa bantuan ikan segar untuk Haul Guru Sekumpul ini dilaksanakan pula tahun lalu, namun hanya sekitar 1 ton.
 
"Kita harapkan bantuan ini bisa bermanfaat, menjadi berkah dalam menyambut kedatangan jamaah Abah Guru Sekumpul," ujarnya.

Baca juga: Bank Kalsel sumbang sapi untuk jamaah Haul Guru Sekumpul
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga melakukan pemantauan sejak tadi malam ke posko-posko relawan dari Kota Banjarmasin, Banjarbaru hingga Kabupaten Banjar.
 
Diketahui, Guru Sekumpul merupakan ulama karismatik yang meninggal dunia pada 5 Rajab 1426 H atau 10 Agustus 2005 (63) dimakamkan di Kecamatan Sekumpul Martapura depan Mushola Ar Raudhah atau tempat majelis taklim miliknya.
 
Haul Abah Guru Sekumpul fenomenal, karena dihadiri ratusan ribu hingga satu juta lebih jamaah yang datang dari berbagai penjuru negeri.
 
Di mana sepanjang jalan banyak dermawan yang membagi makanan gratis, serta posko-posko untuk istirahat jamaah.
 
Sebelumnya, Polres Banjar mengerahkan sebanyak 4.000 personel gabungan TNI, Polri, pemerintah daerah, dan relawan untuk mengamankan Haul Guru Sekumpul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada Minggu malam.
 
"Seluruh petugas yang terlibat sudah dibagi penempatannya di beberapa titik mulai pengaturan lalu lintas, keamanan lokasi parkir hingga menyebar di kawasan Sekumpul yang menjadi pusat kegiatan di Musholla Ar Raudhah," kata Wakapolres Banjar Kompol Dr Mohammad Fihim.
 
Untuk kelancaran pelaksanaan haul, Polres Banjar juga bersinergi dengan para relawan yang bahu membahu membantu menjaga keamanan dan ketertiban seluruh jamaah.
 
Fihim mengimbau jamaah dapat mematuhi arahan petugas dan relawan di lapangan demi keamanan dan kenyamanan bersama selama mengikuti haul hingga kembali ke tempat asal.
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024