Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengenalkan kesenian tradisional Japin Carita kepada generasi muda melalui lomba.
 
"Lomba kesenian yang masuk teater tradisi ini diperuntukkan bagi para siswa," kata Kepala Taman Budaya Provinsi Kalsel Suharyati di Banjarmasin, Sabtu.
 
Menurut dia, pendaftaran lomba tersebut mulai dibuka pada 15 Mei 2024 dan gratis bagi seluruh pelajar di provinsi ini.

Baca juga: Kesenian musik tradisi Mamang Kalsel dikenalkan di ajang nasional 
 
Dia menyampaikan bahwa kesenian Japin Carita ini sudah mulai tidak eksis lagi di tengah masyarakat, hingga perlu diangkat lagi agar terus lestari.
 
"Kita perlu regenerasi untuk melestarikan kesenian ini, setidaknya memahami kesenian ini," ujar Suharyati.

Dia menjelaskan kesenian Japin Carita merupakan pertunjukan seni peran yang lakonnya bercerita dengan tari-tarian dan musik tradisi.
 
"Tentunya sudah sangat sedikit yang melakoni kesenian ini, sehingga harus diangkat lagi," ucapnya.

Baca juga: Taman Budaya Kalsel berupaya angkat kesenian Damarwulan
 
Dia mengatakan upaya mengenalkan kesenian ini kepada generasi muda harus dilakukan secara maksimal, sehingga para pelajar di provinsi ini bisa berpartisipasi untuk menjadi pelestarinya.
 
"Kesenian ini dulunya sangat digemari masyarakat di provinsi ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi Taman Budaya Kalsel Nitta Aulia menambahkan bahwa lomba Japin Carita bersifat grup beranggotakan maksimal 10 orang, dengan durasi penampilan 30 menit.
 
“Ada beberapa penilaian dalam lomba Japin Carita yaitu ketepatan ragam gerak tari, koreografi seperti elemen-elemen komposisi, kreativitas dan energik, penampilan utuh/penyampaian dan penghayatan penari, kesesuaian musik tari, kesesuaian tata rias dan busana.

Baca juga: Pemprov Kalsel sasar pelajar untuk pelestari wayang kulit Banjar
 
Menurut dia, lomba Japin Carita ini memperebutkan hadiah total Rp15,5 juta.
 
Bagi siswa yang ingin mengikuti perlombaan bisa langsung mendaftarkan melalui link Google Form https://bit.ly/LombaJapin2024.

Pewarta: Sukarli
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024