Jutaan jamaah datang ke Haul ke-19 Guru Sekumpul kemarin, sangat banyak dari luar daerah, bahkan dari mancanegara.
Banjarmasin (ANTARA) -
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) M Syarifuddin menyatakan pariwisata di provinsi ini mendapatkan efek sangat positif atas gelar Haul ke-19 almarhum KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar pada 14 Januari 2024.
 
"Karena jutaan jamaah datang ke Haul ke-19 Guru Sekumpul kemarin, sangat banyak dari luar daerah, bahkan dari mancanegara," ujar Syarifuddin, di Banjarmasin, Rabu.
 
Menurut dia, Haul Guru Sekumpul memang selalu menyedot banyak kunjungan ke provinsi ini.
 
"Para pengunjung atau jamaah luar daerah pasti merasakan bagaimana sambutan hangat masyarakat di provinsi ini, melayani dan budayanya," ujar Syarifuddin.
 
Pastinya juga para jamaah luar daerah melihat keindahan alam di provinsi ini, ujarnya lagi, sebagai sisi lain dari kunjungan mereka untuk menghadiri haul.
 
Bahkan bagian dari sarana pariwisata, yakni perhotelan hampir penuh, juga dapat merasakan kuliner khas daerah ini dan lainnya.
 
"Semua mendapatkan efek yang luar biasa positifnya atas acara Haul Guru Sekumpul ini, demikian juga ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil dan menengah," ujarnya lagi.
 
Syarifuddin mengatakan bahwa Kalsel sangat beruntung memiliki seorang ulama yang sangat kharismatik ini, hingga tersohor ke seluruh dunia.
 
Bahkan, menurut Kementerian Pariwisata RI, Haul Guru Sekumpul merupakan fenomena wisata religi dunia yang dimiliki Indonesia. Karena Provinsi Kalsel, ujar dia lagi, memiliki banyak objek wisata religi yang diziarahi para jamaah baik lokal maupun luar daerah.
 
"Makam para ulama, tempat ibadah yang memiliki nilai sejarah tinggi," ujar Pejabat Bupati Tapin ini pula.
 
Pemprov Kalsel terus meningkatkan sektor pariwisata sebagai salah satu menggerakkan perekonomian daerah, selain dari sektor pertambangan, perkebunan dan peternakan.
 
Pada tahun 2023, kunjungan wisata di Kalsel sudah mencapai 11,2 juta, di antaranya 45 ribu dari mancanegara.
Baca juga: Haul Guru Sekumpul Kalsel dihadiri ribuan jamaah, tertib dan aman
Baca juga: Kapolres Banjar perkirakan 3,3 juta jamaah ikuti Haul Guru Sekumpul

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024