Kita dapatkan KEN ini dampaknya sangat baik
Tapin, Kalsel (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Syarifuddin mengatakan dua wisata Kalimantan Selatan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 yakni Ruai Rindu Meratus di Kabupaten Tapin dan Festival Bamboo Rafting Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kedua wisata di Kalsel menjadi bagian dari 110 kegiatan di Indonesia yang masuk dalam KEN 2024 ini secara langsung akan berdampak terhadap promosi wisata.

"Yang jelas secara promosi kita diuntungkan," ungkapnya di Rantau, Kabupaten Tapin, Senin.

Syarifuddin mengungkapkan dengan masuknya wisata Kalsel di KEN ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi magnet menarik wisatawan ke sejumlah lokasi pariwisata lainnya di sekitar dua kegiatan tersebut.

"Makanya momentum ini harus dimanfaatkan. Kita dapatkan KEN ini dampaknya sangat baik," ujarnya.

Syarifuddin mengharapkan dengan KEN ini bisa berdampak baik untuk mendorong ekonomi di sektor pariwisata Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memasukkan Ruai Rindu Meratus dan Festival Bamboo Rafting Loksado sebagai salah satu acara dari 110 kegiatan KEN 2024 pada Sabtu (27/1) malam di Jakarta.

"Sebanyak 110 kegiatan ini akan menjadi kegiatan dunia yang menggerakkan perekonomian kita dan meningkatkan kesejahteraan bangsa," ungkap Sandiaga.

Sandiaga menginginkan 110 kegiatan KEN 2024 ini dapat lebih kuat mendongkrak pergerakan ekonomi dibandingkan 2023.

"Pada 2023, kunjungan wisman sebanyak 10,41 juta, kunjungan wisatawan nusantara 749,11 juta. Sub sektor pertunjukan tumbuh pesat," ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan agar semua kegiatan 110 dari seluruh Indonesia ini dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan manca negara untuk datang ke berbagai destinasi wisata menikmati kekayaan alam hingga menikmati atraksi-atraksi budaya Indonesia.

"Saya mengapresiasi, 110 KEN yang secara konsisten mempromosikan keindahan destinasi wisata, dan keunikan budaya bangsa kita," ungkapnya saat turut meluncurkan KEN 2024.

Jokowi mencatat dengan bekerja sama seluruh pihak pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan terus maju dan memberikan untung kepada rakyat Indonesia.

Baca juga: Kalsel agendakan kegiatan pariwisata bertaraf internasional 2024
Baca juga: Pemprov Kalsel sosialisasikan Geopark Meratus di desa wisata Belangian

Pewarta: Gunawan Wibisono/M Fauzi Fadilah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024