Kami berharap dua kegiatan pariwisata, yaitu Jelajah Pesona Jalur Rempah di Belitung Timur dan Festival Pasirpadi di Pangkalpinang yang saat ini sudah masuk dalam tahap seleksi bisa ditetapkan sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian kegiatan Khar
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan dua kegiatan pariwisata daerah masuk agenda Kharisma Event Nusantara 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kami berharap dua kegiatan pariwisata, yaitu Jelajah Pesona Jalur Rempah di Belitung Timur dan Festival Pasirpadi di Pangkalpinang yang saat ini sudah masuk dalam tahap seleksi bisa ditetapkan sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024," kata Sub Koordinator Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Babel Anugrah GP di Pangkalpinang, Selasa.

Dengan masuk sebagai kegiatan KEN 2024 diyakini akan berpengaruh besar pada perkembangan pariwisata di daerah itu karena akan semakin banyak pengunjung yang hadir, baik yang dilaksanakan di Pulau Bangka maupun di Pulau Belitung.

Baca juga: Kemenparekraf siapkan KEN 2024 untuk tingkatkan kunjungan wisata

Ia menjelaskan, pada awalnya Pemprov Babel mengusulkan empat kegiatan pariwisata untuk seleksi masuk KEN 2024, yaitu Festival Pasirpadi, Festival Ekspresi Pangkalpinang Tersenyum, Kemilau Pesona Bangka Selatan, dan Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur.

Empat kegiatan pariwisata yang pada awalnya diusulkan tersebut telah melalui proses seleksi awal yang dilakukan di daerah dan memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"Namun yang lolos seleksi tahap awal dua kegiatan, dan saat ini kami masih menunggu hasil untuk proses seleksi tahap selanjutnya, jika lolos maka dua kegiatan itu akan mendapatkan dukungan langsung dari Kementerian Pariwisata RI," katanya.

Baca juga: Pemprov NTB usulkan enam agenda masuk KEN 2024

Menurut dia, akan banyak keuntungan yang diterima penyelenggara jika kegiatan tersebut ditetapkan sebagai salah satu kegiatan KEN 2024, karena Kemenparekraf RI akan mendukung penuh penyelenggaraan, baik dari sisi pendanaan maupun fasilitas lainnya.

Selain menjadi salah satu kegiatan pariwisata skala nasional, melalaui program KEN 2024 juga akan mengundang banyak wisatawan.

"Dengan masuk pada kegiatan skala nasional maka yang hadir ke Babel akan semakin banyak dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024