Alhamdulillah, Festival Bamboo Rafting menjadi salah satu acara berkualitas yang masuk dalam KEN 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
Kandangan, Kalsel (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Disporapar HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Heri Utomo menyebutkan Festival Bamboo Rafting Loksado termasuk 110 kegiatan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

"Alhamdulillah, Festival Bamboo Rafting menjadi salah satu acara berkualitas yang masuk dalam KEN 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," kata Heri Utomo di Kandangan, Kabupaten HSS, Rabu.

Dijelaskan Heri, hal ini merupakan pengakuan dan apresiasi dari Kemenparekraf terhadap kualitas dan potensi kegiatan di Kabupaten HSS.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan mancanegara, serta turut meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di Kabupaten HSS.

Terkait usulan dan seleksi hingga kurasi kegiatan telah dilaksanakan sejak Oktober 2023 lalu, Festival Bamboo Rafting (FBR) bersaing dengan 252 usulan kegiatan se-Indonesia.

"Setelah dilakukan paparan dan seleksi, akhirnya Festival Bamboo Rafting berhasil lolos menjadi salah satu acara yang ditetapkan oleh Kemenparekraf melalui KEN 2024, dengan total kegiatan 110 dari 252 usulan se-Indonesia," tutur Heri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Peluncuran KEN 2024 bertajuk “Budaya Indonesia Panggung Dunia” itu digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada Sabtu (27/1) lalu.

Adapun Sandiaga Salahuddin Uno berharap KEN 2024 yang menyajikan kegiatan menarik seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner.

"Acara-acara tersebut kita harapkan bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara, serta wisatawan mancanegara," ujarnya.

Baca juga: Dinas Pariwisata: Wisata Kalsel masuk Kharisma Event Nusantara 2024

Baca juga: Wisata Loksado Kalsel terus menggeliat pasca pandemi COVID-19

Baca juga: Merawat Loksado yang mendunia

 

Pewarta: Gunawan Wibisono/Faturahman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024