Pemkab Tapin mendirikan posko tempat singgah (rest area) di kawasan Rantau Baru dan Margasari yang beroperasi mulai Minggu malam hingga Selasa (16/1)
Rantau, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tapin menyediakan ribuan porsi makanan untuk jamaah Haul ke-19 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Pemkab Tapin mendirikan posko tempat singgah (rest area) di kawasan Rantau Baru dan Margasari yang beroperasi mulai Minggu malam hingga Selasa (16/1) atau H+2 puncak perayaan Haul Sekumpul.

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin di Rantau, Kabupaten Tapin, Minggu, mengatakan jamuan ini diberikan agar para jamaah yang menuju arah pulang mulai Minggu malam ini bisa mendapatkan istirahat yang cukup setelah lelah menempuh perjalanan dari Kabupaten Banjar.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa memberikan kenyamanan untuk seluruh masyarakat yang pulang dari acara Haul Sekumpul di Martapura," ungkapnya.

Baca juga: Warga Tapin siapkan makan dan bengkel gratis saat Haul Guru Sekumpul

Baca juga: Kapolri sumbang sapi untuk Haul ke-19 Guru Sekumpul pada 14 Januari


Syarifuddin mengatakan ribuan porsi makanan serta minum gratis ini nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan, Pemkab Tapin akan menambah bila masih kekurangan.

Ia meminta para jamaah Haul Sekumpul jangan ragu untuk singgah ke tempat yang telah disediakan Pemkab Tapin.

"Semoga apa yang kita sajikan dapat membantu warga yang balik dari Sekumpul, kita harapkan berangkat selamat pulang," ungkapnya.

Juru Masak Rest Area Pemkab Tapin di Rantau Baru Illa mengatakan menu yang mereka sediakan pada malam ini, di antaranya telur masak habang, ayam asam manis hingga haruan masak kecap.

"Saat ini ada telor masak habang 500 porsi, ayam asam manis 500 porsi dan haruan masak kecap 500 porsi," tutur Illa.

Sebelumnya, Kapolres Tapin AKBP Sugeng Priyanto memperkirakan arus balik jamaah Haul Guru Sekumpul dari Kabupaten Banjar yang melintasi Kabupaten Tapin menuju arah Kalimantan Timur dan Tengah kemungkinan mulai pada Minggu pukul 00.00 WITA tengah malam hingga Senin dini hari.

Selain Pemkab Tapin, masyarakat Tapin pun menyediakan makan hingga minum gratis bagi jamaah yang hendak pulang dari Haul Guru Sekumpul.

Sepanjang pinggir ruas jalan di Kabupaten Tapin tercatat ada 48 tempat singgah yang sudah didirikan oleh masyarakat sejak H-3 hingga sekarang.

Guru Sekumpul ini merupakan ulama karismatik yang meninggal dunia pada 5 Rajab 1426 H atau 10 Agustus 2005 dimakamkan di Kecamatan Sekumpul Martapura depan Mushola Ar Raudhah atau tempat majelis miliknya.

Haul Abah Guru Sekumpul fenomenal di Indonesia, karena dihadiri jutaan lebih jamaah yang datang dari berbagai penjuru negeri.

Pada 2024, keluarga Guru Sekumpul mengadakan haul ke-19 pada Minggu ini yang banyak dihadiri jamaah dari Kalimantan Selatan maupun Pulau Kalimantan dan luar Pulau Kalimantan.

Baca juga: Haul Guru Sekumpul Kalsel dihadiri ribuan jamaah, tertib dan aman
Baca juga: Komunitas bengkel layani servis gratis bagi jamaah Haul Guru Sekumpul

 

Pewarta: Taufik Ridwan/M Fauzi Fadilah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024