Jakarta (ANTARA News) - Komisi I DPR RI hari ini melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Anggota Komisi I DPR RI, Susaningtyas Kertopati mengatakan dirinya akan menanyakan komitmen Moeldoko soal visi maritim, alat utama sistem persenjataan (alutsista), integritas, rencana stategi kesejahteraan dan pendidikan prajurit.

"Masalah indisipliner juga akan ditanyakan dalam konteks pendidikan," kata Nuning, panggilan Susaningtyas.

Ia menaruh harapan agar TNI lebih baik dan sukses, termasuk hubungan antar matra juga dijaga baik, komando teritorialnya tertata dengan baik," kata politisi Hanura itu.

Sementara itu Moeldoko kepada wartawan mengaku tidak memiliki persiapan khusus. "Persiapan khusus seperti apa yah, tentara itu kewaspadaan di atas segalanya, jadi tentara itu harus selalu siap, siap setiap saat," kata Moeldoko sebelum uji kepatutan dan kelayakan.

Dia mengatakan, bila dipercaya menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Agus Suhartono, ia  akan menjadikan TNI lebih profesional, patuh pada hukum, rendah hati, santun.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013