Jakarta (ANTARA News) - Kebakaran di Gedung Teater Luwes, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat Selasa sore tidak mengganggu kegiatan mahasiswa karena lokasi yang terbakar sedang dalam proyek renovasi.

"Yang terbakar Gedung Teater Luwes, bagian dari Jurusan Teater, Fakultas Seni Pertunjukan. Saat ini kegiatan mahasiswa kami pindahkan ke Pasar Baru dan Cempaka Putih karena proyek renovasi," kata Kabag Umum dan Keuangan IKJ Dhani Martanto di Jakarta, Rabu.

Dhani mengatakan renovasi tersebut merupakan proyek Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikerjakan PT Adhi Karya. Menurut dia, kampus IKJ memang menempati lahan dan bangunan milik Pemprov DKI Jakarta.

Meskipun menyatakan saat ini tidak ada kegiatan mahasiswa yang terganggu, tetapi Dhani mengatakan kemungkinan kegiatan mahasiswa ke depan akan terganggu. Pasalnya, proyek renovasi dijadwalkan selesai pada 15 Desember dan gedung tersebut akan digunakan kembali untuk kegiatan kemahasiswaan.

"Dengan adanya kebakaran, pengerjaan proyek renovasi pasti akan terlambat. Apalagi dengan adanya proses penyelidikan polisi, kemungkinan ada pekerjaan yang dihentikan karena beberapa titik dipasangi garis polisi," tuturnya.

Tentang kerugian yang dialami IKJ, Dhani mengatakan belum melakukan penghitungan secara detail. Namun, dia mengatakan pihaknya menemukan beberapa unit pendingin udara dan atap ruang penyimpanan yang berada di dekat lokasi kebakaran rusak dan meleleh karena terkena panasnya api.

"Mungkin nilainya ratusan juta. Tapi kami belum memastikan detailnya berapa," ujarnya.

Dari sisi keamanan, Dhani juga menyebutkan pihaknya harus bekerja lebih keras untuk menjaga aset-aset milik IKJ agar tidak ada yang memanfaatkan kejadian kebakaran tersebut.

Pantauan di lokasi pascakebakaran, Gedung Teater Luwes di Kompleks Taman Ismail Marzuki tidak terlihat tanda-tanda telah terbakar karena masih dalam tahap renovasi.

Karena masih dalam proyek renovasi, tidak semua orang bisa masuk ke dalam lokasi. Di sekeliling lokasi proyek tersebut terpasang spanduk berwarna kuning yang menyatakan bahwa proyek tersebut berjalan sejak 15 Juli 2013 dan kegiatan kemahasiswaan dipindahkan sementara ke Pasar Baru dan Cempaka Putih.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013