San Fransisco (ANTARA) - Liu Jianchao, Kepala Departemen Internasional Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), memimpin delegasi CPC dalam sebuah kunjungan ke Amerika Serikat pada 8-13 Januari.

Dalam kunjungan tersebut, Liu bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Deputi Utama Penasihat Keamanan Nasional AS Jon Finer, sejumlah senator federal dan perwakilan dari partai Demokrat dan Republik, Wali Kota San Francisco London Breed, serta tenaga profesional dari berbagai sektor AS termasuk keuangan, industri dan perdagangan, wadah pemikir, dan media.

Liu menghadiri sebuah simposium dalam Dialog Track 1,5 China-AS, dan menyampaikan pidato di Dewan Hubungan Luar Negeri AS.

Liu juga bertemu dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres.

Delegasi tersebut juga bertukar pandangan secara mendalam dengan berbagai pihak mengenai prospek pembangunan China, hubungan China-AS, dan tata kelola global.

China dan AS mengatakan bahwa mereka akan terus menerapkan konsensus penting yang dicapai oleh Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden serta mengambil langkah nyata untuk mendorong pengembangan hubungan China-AS yang stabil, sehat, dan berkelanjutan.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024