Ini harus diiringi dengan regulasi yang memungkinkan berkembang lebih baik.
Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden (Capres) RI Anies Rasyid Baswedan berjanji akan membuat regulasi khusus untuk mengelola sektor perikanan di bagian timur Indonesia sehingga membawa kesejahteraan untuk nelayan kecil yang bekerja keras setiap hari.
 
Kekayaan sumber daya alam kelautan di bagian timur Indonesia seperti di Ambon, Maluku, kata Anies, harus dikembangkan secara detail dan konsisten sehingga akan berdampak positif pada seluruh pelaku usaha.
 
"Ini harus diiringi dengan regulasi yang memungkinkan berkembang lebih baik," kata Anies dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Saat memulai berkampanye di Maluku melalui program Desak Anies, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu selalu menekankan bahwa daerah tersebut memiliki potensi kekayaan alam, khususnya perikanan yang luar biasa.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin kekayaan aquaculture yang luar biasa di Maluku bisa dikembangkan dan Ambon adalah salah satu hub (pusat) untuk pengembangan tersebut.
 
Penggagas gerakan Indonesia Mengajar ini juga menginginkan agar lebih banyak lagi kegiatan yang bisa meningkatkan nilai tambah dari sektor perikanan di wilayah itu.
 
Menurut mantan Rektor Universitas Paramadina itu, hasil perikanan tidak lagi dalam bentuk mentah untuk dijual ke luar daerah, tetapi sudah dalam bentuk olahan yang membuat nilai atau harganya lebih tinggi.
 
Dengan membuat produk olahan, lanjut dia, potensi penyerapan tenaga kerja juga akan banyak sehingga pengelolaan sektor perikanannya bisa tuntas dari hulu hingga ke hilir.

Baca juga: Anies janji bangun perpustakaan setara TIM di daerah
Baca juga: Anies janji bangun lapangan berstandar FIFA di perkampungan Maluku
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024