Pamekasan (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Timur Soekarwo berjanji akan membuat harga beli tembakau Madura stabil, apabila kembali terpilih sebagai Gubernur Jatim pada Pilkada 29 Agustus 2013.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak pabrikan dan mereka sepakat akan membeli tembakau Madura ini dengan harga layak," katanya saat berkampanye di salah satu pondok pesantren di Pamekasan, Rabu.

Selain harga tembakau, program yang dicanangkan calon gubernur dari Partai Demokrat ini, berupaya meningkatkan perekonomian rakyat kecil melalui bantuan modal usaha koperasi.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya meningkatkan produksi daging sapi, dan melarang daging impor masuk Jawa Timur dengan alasan, jika itu dilakukan akan merusak harga sapi lokal.

"Kami kan telah menjadikan Pulau Madura ini sebagai sentra ternak sapi, dan kami menginginkan program itu dipertahankan," ucap gubernur pejabat kini itu.

Para petani di Pamekasan sendiri menyambut baik rencana program calon Gubernur Jatim itu. Namun mereka berharap, janji yang disampaikan Soekarwo itu tidak hanya sekadar janji, akan tetapi hendaknya bisa direalisasikan dalam bentuk yang nyata.

"Kami berharap janji Pak Karwo untuk menstabilkan harga jual tembakau itu tidak hanya sekedar janji belaka, akan tetapi bisa terealisasi dengan baik," kata salah seorang petani tembakai di Kecamatan Kadur, Aminullah.

Kampanye politik Soekarwo di Pamekasan itu digelar di tiga lokasi, yakni di pasar tradisional Kolpajung, di sentra batik tulis di Desa Toronan dan pondok pesantren Al Faqih, Kowel, Pamekasan.

Selain menyampaikan program perekonomian, cagub Soekarwo juga berjanji akan meningkatkan alokasi dana insentif guru madrasah diniyah dan bantuan dana bagi pondok pesantren, apabila yang bersangkutan terpilih kembali sebagai Gubernur Jatim pada Pilkada 29 Agustus 2013.

Pada Pilkada Jatim ini, Soekarwo berpasangan dengan Syaifullah Yusuf, yang juga merupakan pejabat kini.

Pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KarSa) merupakan satu dari empat pasangan calon gubernur Jatim yang akan bersaing memperebutkan sukungan masyarakat Jawa Timur pada Pilkada 2013 ini.

Tiga pasangan calon lainnya, masing-masing Eggi Sudjana- M Sihat dengan nomor urut 2, pasangan Bambang DH-Said Abdullah (Bangsa) dengan nomor urut 3 dan terakhir pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) dengan nomor urut 4.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013