Kita tidak akan gunakan APBD...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memperkirakan pembangunan Taman Waduk Pluit di Jakarta Utara secara keseluruhan akan membutuhkan biaya mencapai Rp10 miliar.

"Pembangunan Taman Waduk Pluit ini belum seratus persen selesai. Kita bangun secara bertahap. Diperkirakan, total biaya pembangunannya bisa mencapai Rp10 miliar," kata Wagub yang akrab disapa Ahok itu, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut Ahok, pembangunan Taman Waduk Pluit tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2013, melainkan melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kita tidak akan gunakan APBD untuk pembangunan dan penataan Taman Waduk Pluit. Dananya berasal dari program-program CSR perusahaan swasta yang ada di ibukota," ujarnya.

Ahok mengaku telah memerintahkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mendapatkan dana bantuan CSR dari berbagai perusahaan swasta untuk membangun taman tersebut.

"Kita sudah minta Jakpro untuk mencarikan bantuan CSR. Saya juga minta kepada mereka (Jakpro) agar menggunakan dan mengelola dana CSR itu dengan baik dan benar," tutur Ahok.

Seperti diketahui, pembangunan Taman Waduk Pluit belum sepenuhnya rampung. Dari total luas taman yang mencapai empat hektare, baru satu hektare yang sudah dibangun.

Selain pembangunan Taman Waduk Pluit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga melanjutkan pengerukan Waduk Pluit untuk menambah daya tampungnya. Waduk tersebut juga akan dijadikan sebagai sumber air baku untuk rumah susun.


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013