Memasuki hari kedua dalam kunjungan kerja kami di Kabupaten Kayong Utara, kami menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) Provinsi Kalimantan Barat di Pasar Rakyat Jalan Batu Daya Sukadana.
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar Gerakan Pangan Murah dan sosialisasi penggunaan QRIS di Pasar Rakyat, Jalan Batu Daya Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

"Memasuki hari kedua dalam kunjungan kerja kami di Kabupaten Kayong Utara, kami menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) Provinsi Kalimantan Barat di Pasar Rakyat Jalan Batu Daya Sukadana," kata Pj Gubernur Kalbar, Harisson di Sukadana, Senin.

Sebelum membuka GPM di Pasar tersebut, Pj. Gubernur Harisson bertemu dan berbincang-bincang dengan para pedagang dan mendengar kendala yang mereka hadapi. Kemudian ia membayar belanjaannya dengan menggunakan QRIS.

"Ini merupakan bentuk nyata semangat digitalisasi keuangan, mempermudah penjual dan pembeli dalam bertransaksi," tuturnya.

Baca juga: Mendag RI hadiri gelar pangan murah di Sambas

Gerakan Pangan Murah ini sudah rutin dilaksanakan,  dalam rangka mengendalikan inflasi serta menjaga daya beli masyarakat menyusul kenaikan harga kebutuhan pokok yang disebabkan berbagai faktor.

"Salah satu beban masyarakat saat ini adalah tingginya harga kebutuhan pokok. Perang Ukraina-Rusia, Palestina-Israel, hingga cuaca ekstrem yang disebabkan oleh El Nino mengakibatkan cuaca menjadi tak menentu yang berakibat pada turunnya produktivitas pangan kita," katanya.

Tidak hanya itu, dampak lain yang dirasakan akibat hal-hal tersebut adalah negara-negara yang biasanya rutin mensupport kekurangan kebutuhan pokok Indonesia, menahan diri untuk tidak mudah menjual bahannya.

"Kemudian Thailand dan Vietnam, biasanya mau memberikan berasnya untuk kita beli dalam rangka menambah stok cadangan pangan bagi kita. Sekarang mereka tak mau menjual sembarangan karena mereka juga menjaga stok pangan mereka, ini juga masalah," kata Harisson.

Baca juga: NFA merayakan Hari Pangan Sedunia gelar pasar murah di 421 titik

Ia berharap masyarakat tetap tenang, serta mendukung program-program pemerintah dalam menghadapi masalah-masalah tersebut.

"Jadi kehadiran kami di sini untuk meringankan beban bapak ibu semua, sehingga memperoleh barang kebutuhan pokok dengan harga murah. Ini juga amanat dari Bapak Presiden Joko Widodo, untuk hadir pada setiap masalah yang dihadapi oleh masyarakat," kata Harisson.

Agenda pembukaan GPM ini turut dihadiri Pj. Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya, beserta Pj. Ketua TP-PKK Kayong Utara, Tengku Mardiana Romi Wijaya, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Rene Rienaldy, dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kalbar terkait dan Pimpinan dari Lembaga Keuangan Kalbar.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024