Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, menggelar kegiatan Pangan Murah dan Bazar Ramadhan di Pulau Panggang untuk membantu warga memenuhi kebutuhan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Untuk pangan murah ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan dua jenis beras, yaitu beras premium dan beras SPHP. Kemudian minyak goreng dan gula pasir.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu Syamsul Hidayat di Jakarta, Jumat, untuk beras premium dijual dengan harga Rp69.500 per karung isi lima kilogram (kg).

Sedangkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dijual seharga Rp53 ribu per karung isi lima kg. Untuk minyak goreng dijual Rp14 ribu per liter dan dijual gula pasir Rp17 ribu per kg.

Baca juga: Kepulauan Seribu salurkan sembako guna ringankan warga hadapi Ramadhan

Bazar Pangan Murah ini juga telah dilaksanakan di Pulau Pemukiman, Kabupaten Kepulauan Seribu. "Ini sebagai upaya mengendalikan harga pangan yang meningkat menjelang Idul Fitri dan ini merupakan bagian dari Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Sekretaris Kelurahan Pulau Panggang, Muhammad Nuralim mengatakan, Bazar Pangan Murah ini sesuai fokus program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Ramadan 2024.

"Bazar diadakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat melalui kegiatan pembagian paket sembako murah," katanya.

Warga Pulau Panggang RT 03/02, Masnah (55) mengucapkan apresiasi kepada Kabupaten Kepulauan Seribu, khususnya Sudin PPKUKM yang telah menggelar kegiatan Pangan Murah di Pulau Panggang.

Baca juga: 2.218 paket sembako disalurkan ke yatim dan duafa Kepulauan Seribu

Menurut dia, kegiatan ini sangat bermanfaat karena telah mengakomodir kebutuhan warga terhadap pangan dengan harga lebih murah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada kabupaten dan kelurahan yang telah mengakomodir kebutuhan warga dengan harga murah," katanya.

Apalagi menjelang Lebaran, menurut dia, harga-harga pangan sedang naik. "Ini membuat kami lega, karena bisa membeli kebutuhan sembako dengan harga terjangkau," kata dia.

Kegiatan Bazar Ramadhan dan Pangan Murah ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Kelurahan Pulau Panggang atas kerja sama dengan Bulog Siaga untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024