Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, menyebutkan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di kota ini menyasar 100.380 anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat di Kota Malang, Senin, mengatakan bahwa Sub PIN Polio diberikan kepada anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

"Targetnya 100.380 anak. Untuk putaran pertama pada 15- 21 Januari 2024 dan putaran kedua pada tanggal 19-24 Februari 2024," kata Wahyu.

Baca juga: Sidoarjo bidik 292.041 orang anak imunisasi polio

Ia menjelaskan, pencanangan Sub PIN Polio di Kota Malang tersebut merupakan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah agar anak-anak terbebas dari penyakit polio.

Wahyu mengharapkan pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Malang bisa berjalan lancar dan dipastikan seluruh anak-anak yang menjadi target penerima memperoleh imunisasi sesuai dengan waktu pelaksanaan yang telah ditentukan.

"Untuk itu, saya berharap kegiatan Sub PIN Polio di wilayah Kota Malang dapat berjalan dengan lancar; seluruh perangkat di dalamnya agar bekerja sama mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Pasuruan sasar 206.543 anak imunisasi polio

Ia meminta masyarakat khususnya para orang tua agar memastikan anak-anak mereka mendapatkan imunisasi rutin polio lengkap sesuai dengan usia. Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Segera melapor kepada petugas kesehatan atau puskesmas terdekat bila menemukan anak usia di bawah 15 tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak agar anak tersebut dapat segera tertangani oleh medis," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wahyu juga menginstruksikan kepada perangkat daerah terkait untuk melakukan penguatan data sasaran Sub PIN Polio, termasuk menyampaikan informasi sebagai edukasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan program tersebut.

Baca juga: Pemkot Surabaya tempatkan imunisasi polio di PAUD hingga Balai RW

"Melalui pencanangan Sub PIN Polio ini diharapkan menjadi langkah awal menuju kota yang bebas dari risiko penyakit polio. Saya yakin, dengan tekad dan partisipasi kita semua, kita dapat mencapai target tersebut," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024