Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hasssanudin mengatakan penerbangan langsung nonstop dari Doha, Qatar ke Deli Serdang, Sumut dapat meningkatkan perekonomian wilayah ini.

"Bagus, rute penerbangan ini akan meningkatkan pereokonomian kita," ujar Hassanudin, di Medan, Senin.

Dengan adanya penerbangan langsung ke Doha, kata dia, membuktikan bahwa Provinsi Sumut mengalami kemajuan sehingga dapat lebih meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita semakin lebih hebat, ini membuktikan kita semakin maju," kata Hassanudin

Menurutnya, penerbangan langsung nonstop dari Doha, Qatar ke Deli Serdang untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Sumut.

"Mari kita manfaatkan ini dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Hamad, Doha ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut dilakukan oleh maskapai milik Pemerintah Qatar, Qatar Airways.

Jalur penerbangan dengan durasi tempuh sekitar enam jam 50 menit tersebut akan diterbangi perdana pada 15 Januari 2024. Qatar Airways menyatakan bahwa mereka siap melayani rute itu tiga kali seminggu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumut menyatakan, penerbangan langsung nonstop dari Doha, Qatar ke Deli Serdang, Sumut positif untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke wilayahnya.

"Ini bisa menarik wisatawan dari Timur Tengah. Selain itu, penerbangan tersebut juga bisa menjadi peluang memperlebar pasar wisata dari Eropa

Ia mengatakan rute penerbangan itu juga dapat membuka jalur baru untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ibadah ke Arab Saudi.

"Mungkin dengan penerbangan itu ongkos untuk kegiatan seperti umrah bisa lebih murah," kata Zumri


Baca juga: Kemenparekraf gandeng Qatar Airways tingkatkan kunjungan ke Indonesia

Baca juga: Wonderful Indonesia di Qatar jaring wisatawan Timur Tengah

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024