Yang jelas ini masalahnya organisatoris internal, dan tidak perlu dibesar-besarkan
Surabaya (ANTARA) - KH. Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin resmi menjabat sebagai Pj. Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur menggantikan KH. Marzuki Mustamar usai penyerahan SK oleh Ketua PBNU KH. Yahya Cholil Staquf di Surabaya, Senin.
 
"Saya cuma dikirimkan, ditugaskan (oleh PBNU). Ini nanti konsolidasikan semuanya. Saya kan dulu pernah di sini (di PWNU Jatim). Ini kan kawan semua sebetulnya," kata Gus Kikin di kantor PWNU Jatim.
 
Gus kikin mengungkapkan jika agenda penyerahan SK Pj Ketua PWNU Jatim itu juga menjadi momentum bagi dirinya untuk temu kangen bersama kawan lamanya.

Baca juga: Ketua PWNU Jatim diberhentikan karena masalah internal

Baca juga: KH Marzuki hormati keputusan PBNU soal pemberhentian dari Ketua PWNU
 
"Ini belum cerita apa-apa tadi, baru kangen-kangen-an dari tadi, foto-foto-an. Ke depan, tidak lama, mudah-mudahan segera kita rapat konsolidasi, habis itu baru mulai mengaktifkan PWNU Jatim," ujarnya.
 
Sementara Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf menegaskan jika pemberhentian KH. Marzuki Mustamar murni karena alasan organisatoris. Bahkan, hal semacam ini juga sudah pernah dilakukan sebelumnya.
 
"Ini sudah dijelaskan berkali-kali bahwa alasannya organisatoris, internal. Ini bukan yang pertama kali, sudah pernah dilakukan. Bukan hanya di tingkat PW," katanya.

Baca juga: Pengamat: Pemberhentian Ketua PWNU Jatim sarat politis jelang Pilpres

Baca juga: Cucu Hadratussyaikh Hasyim Asyari ditunjuk nakhodai NU Jatim
 
Gus Yahya menambahkan dirinya mempersilakan jika ada pihak yang menghubungkan pemberhentian Kiai Marzuki ini ada kaitannya dengan masalah lain, seperti politik, misalnya.
 
Namun yang pasti, lanjut dia, bahwa pemberhentian ini memang murni masalah internal organisasi.
 
"Yang jelas ini masalahnya organisatoris internal, dan tidak perlu dibesar-besarkan," ujarnya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024