Guangzhou (ANTARA) - Tim ilmuwan China berhasil menciptakan keramik berpori baru yang sangat kuat pada suhu tinggi dan sekaligus memiliki insulasi termal yang tinggi, dua sifat yang diperlukan untuk membuat cangkang pesawat hipersonik.

Tim tersebut, dipimpin oleh Chu Yanhui dari Universitas Teknologi China Selatan (South China University of Technology), mengembangkan keramik diborida berpori dengan entropi tinggi yang menunjukkan kemampuan membawa beban yang luar biasa, kinerja insulasi termal yang tinggi, dan stabilitas termal yang unggul hingga 2.000 derajat Celsius.

Sifat-sifat seperti itu menjadikannya sebuah pilihan menarik untuk insulasi termal yang andal dalam kondisi ekstrem, menurut universitas tersebut.

Pencarian keramik berpori yang kuat dan memiliki daya tahan terhadap panas ekstrem telah menjadi tantangan bagi para ilmuwan material dengan munculnya teknologi penerbangan hipersonik. Namun, kedua karakteristik tersebut sulit dicapai secara bersamaan pada keramik berpori konvensional, yang rekor suhu maksimum sebelumnya mencapai 1.500 derajat Celsius.

Para peneliti mengatakan material baru ini memiliki prospek penerapan yang luas di industri kedirgantaraan, energi, dan kimia.

Studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Advanced Materials. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024