Kick off atau dimulainya program/gerakan vaksinasi polio ini ditandai dengan penetesan vaksin polio pertama oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko
Ponorogo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ponorogo Jawa Timur resmi menggelar program vaksinasi polio secara serentak dengan menyasar 80.206 anak usia 0-7 tahun yang tersebar di 307 desa/kelurahan pada 21 kecamatan di daerah itu.

"Kick off atau dimulainya program/gerakan vaksinasi polio ini ditandai dengan penetesan vaksin polio pertama oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Kelurahan Patihan Wetan Kecamatan Babadan, Senin.

"Ini diwajibkan untuk ibu-ibu yang punya anak di bawah usia delapan tahun. Wajib imunisasi dengan vaksin polio," kata Bupati Sugiri dalam pidato sambutannya di awal kegiatan.

Kang Giri, panggilan akrab Bupati Sugiri menyampaikan, pemberian vaksin tersebut nantinya dilakukan dalam dua putaran.

Putaran pertama dimulai pada Januari ini, dan putaran kedua nanti di bulan Februari.

Sugiri mengharapkan, melalui pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio ini nantinya anak-anak di Ponorogo akan menjadi anak yang hebat dan generasi yang berkualitas.

Bupati juga meminta peran aktif orang tua agar program nasional ini bisa berjalan dengan optimal.

"Anak anak Ponorogo biar sehat, kuat, cerdas, dan hebat. Maka yang belum vaksin polio harus vaksin," katanya.

Pelaksanaan program imunisasi itu pun mendapat apresiasi positif dari warga.

Hal itu tersirat dari banyaknya ibu-ibu yang mengantarkan balitanya untuk mendapat giliran imunisasi vaksin polio di Kelurahan Patihan Wetan Kecamatan Babadan itu.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024