Terus kami pantau, semua target harus dipastikan sudah tervaksin selama periode vaksinasi
Banyuwangi (ANTARA) - Pada hari ketiga pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, telah mencapai 109.978 anak atau 63,12 persen dari target vaksinasi polio sebanyak 174.237 anak usia 0-7 tahun.

"Terus kami pantau, semua target harus dipastikan sudah tervaksin selama periode vaksinasi agar anak-anak Banyuwangi terbebas dari polio," kata Bupati Banyuwangi saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi polio di SDN I Dasri di sela kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Rabu.

Selain di sekolah dasar, lanjut dia, pelaksanaan vaksinasi polio juga dilaksanakan di posyandu, seperti di Desa Dari yang dilaksanakan di Posyandu Dahlia yang menyasar para balita.

"Penyakit ini harus kita cegah, dan sasarannya terus kita sisir untuk memastikan mereka tervaksin. Saat ini sudah 60 persen dari sasaran sudah mendapatkan vaksin polio ini," kata Bupati Ipuk.

Baca juga: Tolak imunisasi polio anak, Wali Kota Semarang lakukan pendekatan

Baca juga: Komisi IX DPR minta pemerintah jemput bola optimalkan imunisasi polio


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat menjelaskan vaksinasi dilakukan dalam dua putaran, putaran satu dilakukan pada 15-20 Januari, dan putaran dua 19-24 Februari 2024.

Vaksinasi, lanjut Amir, dilaksanakan dengan memberikan imunisasi polio tetes kepada 174.237 sasaran. Vaksinasi dilakukan di semua SD, TK, PAUD, posyandu, puskesmas, RSUD, serta fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Amir menyebut, memasuki hari ketiga pelaksanaannya capaian vaksinasi sudah di angka 63,12 persen atau sebanyak 109.978 anak dari total target sasaran.

"Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Para orang tua juga sangat mendukung. Kalaupun masih ada yang tertunda, itu karena alasan kesehatan atau masih bepergian," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Ponorogo gelar vaksinasi polio serentak sasar 80.206 anak

Baca juga: Sidoarjo bidik 292.041 orang anak imunisasi polio

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024