Ini menjadi bagian dari membumikan gerakan revolusi hijau yang dicanangkan Gubernur Kalsel Paman Birin
Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan penanaman sebanyak 1.500 bibit kayu putih di lahan milik Pemprov Kalsel di Jalan Golf, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

"Ini menjadi bagian dari membumikan gerakan revolusi hijau yang dicanangkan Gubernur Kalsel Paman Birin," kata Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Fathimatuzzahra di Banjarbaru, Senin.

Dia berharap gerakan penanaman di awal tahun ini dapat dimaksimalkan untuk menambah perbaikan lingkungan dan tutupan lahan.

Kemudian aksi tanam pohon juga memberikan edukasi ke masyarakat agar melakukan hal serupa di lahan miliknya masing-masing.

"Satu pohon bisa memberikan keselamatan bagi kehidupan lingkungan kita," katanya.

Apalagi sejumlah wilayah di Kalsel kerap dilanda bencana banjir yang salah satunya diakibatkan kerusakan lingkungan dari kurangnya daya serap air tanah melalui pohon.

Oleh karena itu, Fathimatuzzahra mengajak semua orang bisa beramal untuk perbaikan lingkungan dengan menanam pohon meski hanya satu batang.

Kayu putih kerap dimanfaatkan untuk bahan baku prodak minyak kayu putih yang dipercaya masyarakat berkhasiat menghilangkan bengkak dan nyeri, radang usus, diare hingga asam.

Baca juga: KLHK bina 1.994 pelajar lestarikan lingkungan hidup dan hutan
Baca juga: KLHK tanam 7.500 pohon di DAS Gunung Pamaton Banjar
Baca juga: Ratusan ribu pohon ditanam BPDAS Barito-KLHK di Desa Hinas Kiri

Pewarta: Firman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024