Beijing (ANTARA) - China berencana mengatur perjalanan ke luar negeri untuk sejumlah besar perusahaan perdagangan luar negeri pada tahun ini, guna membantu mereka mencapai kesepakatan dan memperluas pasar.

Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional (China Council for the Promotion of International Trade/CCPIT) pada Senin (15/1) mengatakan bahwa mereka akan mengatur lebih dari 1.000 kelompok perusahaan untuk mengunjungi negara-negara asing tahun ini guna berpartisipasi dalam pameran, melakukan riset pasar, dan mengadakan pembicaraan bisnis.

Menurut CCPIT, kunjungan-kunjungan ke luar negeri ini akan memprioritaskan mitra-mitra dagang dan ekonomi yang penting seperti Eropa, Amerika Utara, Jepang, Korea Selatan, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dan Amerika Latin.

Presiden CCPIT Ren Hongbin mengatakan dalam sebuah pertemuan nasional yang membahas promosi perdagangan luar negeri bahwa dewan tersebut akan melakukan upaya lebih lanjut untuk membantu perusahaan-perusahaan China dalam memperluas pasar luar negerinya pada 2024.

Data resmi menunjukkan bahwa perdagangan luar negeri China mencapai 41,76 triliun yuan (1 yuan = Rp2.171) pada 2023, naik 0,2 persen secara tahunan (year on year) dalam mata uang yuan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024