Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO)

Darwin, (ANTARA/Medianet – AsiaNet)- Unsur tanah jarang akan menjadi fokus utama bagi Unit Mineral Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO) dengan menyambut alokasi dana sebesar $13,9 juta di bawah Australian Critical Minerals Research and Development Hub.

Dalam pengumuman yang dibagikan awal pekan ini oleh Menteri Sumber Daya dan Menteri Australia Utara, Hon. Madeleine King MP, dana ANSTO akan digunakan untuk proyek penelitian guna mempercepat penemuan, ekstraksi, dan pengolahan unsur tanah jarang dari endapan tanah liat dan endapan ionic adsorption rare earth.

Dana ini merupakan bagian dari paket senilai $22 juta untuk mendukung tiga proyek penelitian kunci di bawah R&D Hub untuk lembaga ilmu pemerintah Australia yang berpartisipasi; ANSTO, CSIRO, dan Geoscience Australia.

CEO ANSTO, Shaun Jenkinson, mengatakan bahwa pengalaman luas ANSTO Minerals dalam bekerja dengan unsur tanah jarang akan membantu membuka potensi dari deposit Australia yang berkadar rendah.

"Australia sudah memiliki pasokan yang kaya dari deposit unsur tanah jarang berkadar tinggi dan keahlian yang kuat dalam teknik pengolahan untuk mengekstrak sebanyak mungkin dari sumber daya kita, yang menempatkan kita dalam posisi yang kuat secara global," ujar Mr. Jenkinson.

"Dana ini akan memungkinkan kami untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang mineralogi dan rute pengolahan yang diperlukan untuk mengakses deposit tanah liat dan ionic adsorption, yang memiliki rasio tinggi dari logam magnet yang dicari."

Bersama dengan Geoscience Australia dan CSIRO, proyek dua tahun ini akan memungkinkan ANSTO untuk:

  • menilai potensi Australia untuk deposit unsur tanah jarang berkadar tanah liat dan ionic adsorption,
  • mengembangkan dan menguji opsi pengolahan mineral yang khusus untuk deposit ini,
  • menunjukkan bagaimana deposit ini dapat diintegrasikan ke dalam proses pemisahan unsur tanah jarang yang ada untuk menghasilkan unsur tanah jarang berkemurnian tinggi,
  • mendirikan fasilitas pengujian khusus di ANSTO, dan
  • meningkatkan hasil lingkungan dari penambangan dan pengolahan mineral kritis.


ANSTO juga akan memberikan masukan untuk setiap proyek yang didanai secara terpisah yang dipimpin oleh CSIRO dan Geoscience Australia seperti yang diumumkan oleh Menteri. ANSTO akan berkontribusi pada:

  • proyek metallisasi senilai $5,2 juta dari CSIRO, untuk mengembangkan pemahaman teknis tentang konversi konsentrat mineral tungsten menjadi konsentrat kimia bernilai tinggi dan oksida tungsten, dan 
  • proyek penelitian senilai $2,7 juta dari Geoscience Australia, untuk mengeksplorasi pemulihan teknis gallium dari cairan proses penyulingan bauksit, dan menentukan bagaimana pabrik bauksit yang ada akan memberikan peluang bagi Australia.
Mr. Jenkinson mengatakan bahwa mineral kritis dan unsur tanah jarang membentuk komponen penting dari teknologi kunci seperti perangkat elektronik pribadi, transportasi, dan telekomunikasi.

"Mineral kritis menyentuh hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari kita, mulai dari smartphone, komputer, dan baterai, hingga kabel serat optik yang kita gunakan di rumah dan tempat kerja. Tetapi yang tidak kalah penting, mereka juga sangat penting untuk memproduksi teknologi hijau seperti mobil listrik, turbin angin, dan panel surya," ujar Mr. Jenkinson.

"Mineral kritis dan strategis seperti unsur tanah jarang, uranium, dan lithium sudah menjadi bagian besar dari bisnis Mineral ANSTO. Pergeseran fokus baru-baru ini menuju diversifikasi dan pengamanan rantai pasokan mereka adalah arah yang menarik untuk membuka sumber daya mineral kritis Australia dan mendukung komitmen kita terhadap netralitas karbon.

"ANSTO berharap dapat melanjutkan pekerjaan berharga ini dengan mitra R&D Hub kami - Geoscience Australia, dan CSIRO - serta Critical Minerals Office di Departemen Industri, Sains, dan Sumber Daya."

Didirikan pada bulan Oktober 2022, R&D Hub menggabungkan keahlian lembaga ilmu terkemuka Australia untuk bekerja dengan industri, universitas, dan komunitas penelitian untuk mengatasi tantangan teknis. Hub ini juga mendorong penelitian kolaboratif di seluruh rantai nilai mineral kritis, yang diperlukan untuk mendukung energi bersih dan agenda kebijakan nol emisi bersih Australia sesuai dengan Strategi Mineral Kritis Australia 2023-2030.

R&D Hub saat ini memfasilitasi tujuh proyek penelitian yang didanai, dengan ANSTO juga memimpin proyek Kuarsa Murni Tinggi (HPQ) mengembangkan kemampuan pemrosesan mandiri untuk produksi HPQ bagi produsen Australia. Untuk informasi lebih lanjut tentang R&D Hub dan proyek-proyeknya, kunjungi situs web R&D Hub.

Tentang kami:

Tentang Unit Mineral ANSTO

Sebagai pusat keunggulan nuklir Australia selama lebih dari 70 tahun, ANSTO adalah rumah bagi beberapa landmark dan infrastruktur nasional yang paling signifikan untuk sains dan penelitian. Setiap tahun, ribuan ilmuwan, pengguna industri, dan orang di dunia akademis mendapatkan manfaat dari akses ke instrumen terkini dan keahlian ilmuwan, peneliti, dan insinyur kami di ANSTO.

Selama lebih dari 40 tahun, Unit Mineral ANSTO di Lucas Heights, Sydney, telah bekerja langsung dengan industri pertambangan Australia, menyediakan solusi pengolahan yang inovatif dan praktis bagi industri.

Unit Mineral ANSTO memiliki keahlian terkemuka dunia dalam pengolahan logam kritis dan strategis, seperti unsur tanah jarang scandium, lithium, zirkonium, niobium, dan hafnium.

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk membaca berita terbaru tentang layanan konsultansi Mineral ANSTO, kunjungi www.ansto.gov.au/services/resources-sector/minerals



Rincian Kontak:

Melissa Richardson, Manajer Hubungan Media, ANSTO

media@ansto.gov.au, 0499 830 165

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024