Jakarta (ANTARA) - Peringati Hari Gizi Nasional 2024, Ninja Xpress mendukung para pelaku UKM di bidang Food & Beverage (F&B) dalam mengirimkan produk makanan bergizi melalui penyediaan layanan pengiriman same day delivery yang dapat mengirimkan produk makanan sehat dalam sehari. 

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress menjelaskan inovasi ini karena kepedulian Ninja Xpress terhadap terpenuhinya gizi seimbang bagi generasi muda Indonesia.

"Kami terus berinovasi dan berkomitmen dalam menyediakan layanan distribusi makanan sehat dan bergizi melalui penyediaan layanan same day delivery untuk mengirimkan beberapa contoh makanan sehat dan bergizi seperti sayuran organik, daging, susu dan produk olahannya, sampai dengan buah-buahan ke berbagai kota di Indonesia," katanya dalam keterangan pers yang diterima, Selasa.

Menurut hasil survei Herbalife Nutrition, 92 persen konsumen di Indonesia mengatakan bahwa pasca pandemi COVID-19, mereka mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat atau bergizi.

Baca juga: Ninja Xpress perkenalkan fitur baru untuk perkuat standar keamanan

Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM dalam menyediakan dan mendistribusikan produk makanan sehat dan bergizi bagi para konsumen.

Manager Greenville Farm Bobby Agus yang merupakan salah satu shipper Ninja Xpress mengatakan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM dalam menjual produk makanan sehat mereka kepada publik adalah pengiriman produk makanan yang terbatas.

"Dalam konteks pengiriman makanan, Greenville Farm mengalami kesulitan mengirimkan produk ke kota lain karena jarak dan keterbatasan akses transportasi, sedangkan banyak platform pengiriman makanan juga belum mampu menangani pengiriman antar kota dengan jarak yang signifikan dalam waktu yang efisien," katanya.

Tantangan lain juga dihadapi Himari Snack yang menjual snack buah kering dengan menerapkan konsep 100 persen buah lokal.

Founder Himari Snack, Septriana Lestari mengatakan bahwa tingginya biaya pengiriman merupakan salah satu tantangan utama bagi para pelaku UKM, sedangkan beberapa platform menghitung biaya berdasarkan kilometer.

Baca juga: Lion Parcel ungkap alasan luncurkan layanan COD

Hal ini menjadi tantangan bagi para pelaku UKM dan konsumen yang berkeinginan mengirimkan produk makanan ke lokasi yang jauh atau bahkan keluar kota karena biaya pengiriman yang cukup tinggi.

Selain itu, Aldila Hisyam Hasanudin pemilik dari Kedai Susu Segar Sarjana, merupakan bisnis yang menyediakan susu segar, dan Rian Arga Putra pemilik bisnis Herpil Official, bisnis penyedia madu sehat dan alami juga menekankan bahwa tantangan utama dalam pengiriman produk makanan adalah menjaga agar makanan yang dikirimkan tetap fresh dan layak untuk dikonsumsi saat sampai tujuan. 

Melihat ketiga tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM di bidang logistik, Ninja Xpress dengan layanan same day delivery menyediakan fasilitas pengiriman makanan sehat dengan jangkauan pengiriman yang lebih luas sampai luar kota dengan biaya pengiriman yang kompetitif dan juga jaminan keamanan pengiriman makanan agar tetap segar sampai tujuan. 

“Jika dibandingkan dengan platform pengiriman yang mengukur biaya pengiriman berdasarkan jarak kilometer, layanan same day delivery Ninja Xpress dapat mendukung pengiriman makanan dalam waktu satu hari dengan harga yang lebih terjangkau,” kata Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress. 

Untuk mendukung ketepatan waktu pengiriman, Ninja Xpress juga berkomitmen untuk tetap menjaga SLA (Service Level Agreement) Ninja Xpress di angka 98 persen, sehingga para konsumen dapat tetap menikmati produk makanan melalui layanan same day delivery Ninja Xpress secara tepat waktu.

Baca juga: Wehelpyou hadirkan layanan Same Day Delivery

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024