Sorong (ANTARA) - Capres nomor urut I Anies Baswedan saat melakukan safari politik di Sorong janjikan perubahan pada aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lapangan pekerjaan, sebagai upaya menghadirkan kemakmuran dan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat.

Di hadapan para pendukungnya di Aston Kota Sorong, Selasa, Anies menyebutkan para petani bekerja luar biasa keras tetapi tidak bisa menabung, karena ongkos lebih tinggi dari pendapatan mereka.

"Ini merupakan persoalan yang sudah terjadi sekian lama dibiarkan. Ini bukan persoalan yang rumit tetapi ini adalah persoalan yang selama ini dibiarkan," kata Anies.

Persoalan beras dan petani, kata dia, bukan merupakan persoalan yang rumit dan sulit, melainkan kebijakan keberpihakan terhadap masyarakat melalui aksi perubahan.

"Kita harus melakukan perubahan supaya biaya rumah tangga lebih kurang, biaya pendidikan lebih murah, biaya kesehatan lebih murah, itu semua membutuhkan perubahan," bebernya.

Kota Sorong, kata dia, akan menjadi salah satu dari 40 kota yang mendapatkan bagian peningkatan pembangunan ke depan.

"Sorong menjadi salah satu dari 40 kota, kenapa 40 kota, karena kita ingin Indonesia maju sama-sama, kalau kita hanya bangun satu kota lalu yang lainnya bagaimana," ujar Cawapres Anies.

Ke-40 kota dibangun secara bersama-sama supaya ratusan kabupaten kota di sekitarnya ikut merasakan kemajuan.

"Konkret pembangunannya, kami berencana jadikan Sorong sebagai kota agro-maritim di Indonesia," katanya.

Artinya, sebut dia, Kota Sorong menjadi pusat pelayanan pertanian dan perikanan. Maka fasilitas seperti pelabuhan akan direvitalisasi, petani dan nelayan diberikan modal usaha, memiliki akses solar, mendapatkan pupuk dengan mudah, supaya kegiatan pertanian dan perikanan mengalami kemajuan.

"Jika ini terjadi maka dampaknya bukan hanya Sorong tetapi seluruh Papua Barat Daya akan mengalami kemajuan," bebernya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Selepas kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Anies janji bangun rumah layak huni di Kampung Rufei Sorong
Baca juga: Anies temukan anak tidak sekolah karena biaya mahal di Sorong
Baca juga: Anies siap teruskan program yang baik dari presiden sebelumya
Baca juga: Anies serap aspirasi untuk perbaiki harga ikan di Pasar Puri

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024