Anggaran BWS tahun ini hampir semua disedot untuk pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang mencapai Rp1,8 triliun
Gorontalo (ANTARA) - Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Provinsi Gorontalo Parlinggoman Simanungkalit mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan Bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bulango, rampung pada Juli 2024.

"Anggaran BWS tahun ini hampir semua disedot untuk pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang mencapai Rp1,8 triliun mengingat infrastruktur ini ditargetkan rampung pada Juli 2024," kata Parlinggoman di Gorontalo, Selasa.

Beberapa program yang diajukan pemerintah daerah di antaranya pembangunan pipa transmisi air bersih yang merupakan kewenangan pihaknya, seperti yang ada di Kecamatan Kwandang Gorontalo Utara belum dapat ter-alokasikan.

"Sabar dulu ya, sebab untuk tahun 2024 ini, kita belum mengadakan program tersebut mengingat adanya pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang menyedot anggaran besar," katanya.

Pihaknya, kata Parlinggoman, meminta pemerintah daerah mengajukan program tersebut pada perencanaan pada tahun ini, sehingga memungkinkan menjadi program di Tahun Anggaran 2025.

Baca juga: Rachmat Gobel: Bendungan Bulango Ulu perkuat kedaulatan pangan

Baca juga: Bupati targetkan ekonomi Bone Bolango tumbuh 4,77 persen


"Kami akan menurunkan tim untuk mengupayakan peningkatan transmisi air baku di wilayah Kwandang tersebut," katanya.

Ia mengatakan terkait permasalahan air bersih di Gorontalo Utara diakuinya instalasi pengolahan air minum (IPA) Kwandang memang dibangun pada tahun 2010.

"Sudah lama pembangunannya. Dan di Tahun Anggaran 2022 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) juga dilakukan pembangunan IPA," katanya.

Khusus di wilayah tersebut, terdapat kendala dari pipa intake ke IPA yang masih menggunakan sistem lama.

Berdasarkan laporan di lapangan memang banyak IPA tidak bekerja optimal karena pipa transmisi banyak yang rusak.

"Kita akan beri perhatian untuk IPA Kwandang sesuai permintaan pemerintah daerah setempat. Doakan Bendungan Bulango Ulu rampung sesuai target," katanya.

Baca juga: Pemkab Bone Bolango tambah fasilitas objek wisata Lombongo

Baca juga: Desa wisata Botubarani raih rekor MURI Hiu Paus terbanyak

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024