Dengan makna kearifan lokal Kota Tangerang, maskot ikan bloso ini diharapkan dapat memberikan semangat kebersamaan, persahabatan, dan semangat meraih prestasi
Tangerang, Banten (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang meluncurkan maskot Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Provinsi Banten yaitu ikan bloso karena memiliki kearifan lokal dan hewan ikonik di Sungai Cisadane.

“Dengan makna kearifan lokal Kota Tangerang, maskot ikan bloso ini diharapkan dapat memberikan semangat kebersamaan, persahabatan, dan semangat meraih prestasi dalam ajang Popda XI Banten tahun 2024 di Kota Tangerang,,” kata Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang di Tangerang, Selasa.

Ia menuturkan penetapan maskot ini berdasarkan hasil dari pemilihan para peserta yang mengikuti sayembara pembuatan maskot, logo dan tagline yang diadakan akhir tahun 2023 yang diikuti 107 orang secara terbuka se-Indonesia.

Maskot Popda XI dimenangkan oleh Santoso dari Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Ide ini terinspirasi dari kearifan lokal masyarakat Kota Tangerang yaitu ikan bloso.

Kaonang mengungkapkan pada logo Popda XI Banten 2024 secara keseluruhan adalah bentuk abstraksi simbol silat beksi dengan posisi siap bertanding.

Silat beki merupakan seni bela diri yang berkembang dan menjadi warisan budaya di Kota Tangerang. Sehingga logo ini melambangkan kekuatan fisik dan mental, serta mencerminkan semangat, kekuatan dan kompetitivitas dalam olahraga. Logo Popda XI Banten 2024 merupakan karya Agung Wibowo dari Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

Kemudian POPDA XI Banten 2024 memiliki tagline yakni Semangat Gede Jasa yang merupakan kepanjangan dari "Semangat Bergelora Demi Juara dan Kebersamaan" hasil karya Novan Saparullah Sahputra dari Kota Serang.

Tagline ini memiliki dua unsur yaitu unsur sportivitas dan solidaritas. Unsur tersebut sebagai semangat untuk menjadi juara serta menjalin persaudaraan dan kebersamaan, yang juga berarti semangat menjunjung tinggi fair play.

“Tentunya dengan adanya maskot, logo, serta tagline untuk Popda XI Banten 2024, menjadi identitas tersendiri. Dan pastinya memberikan warna baru untuk pertandingan bergengsi yang akan dilaksanakan 8-13 Juni 2024 di Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: Program Pelajar Tangerang Mengaji upaya jaga akhlak generasi muda
Baca juga: 98,91 persen warga Tangerang biasa cuci tangan pakai sabun
Baca juga: Deputi: Satuan pendidikan tempat efektif lahirkan atlet

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024