Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan delapan dari 26 desa wisata di daerah itu saat ini mulai berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan desa wisata yang telah terbentuk di Kabupaten Rejang Lebong ini memanfaatkan potensi yang ada di wilayah masing-masing mulai dari sungai, danau, sumber air panas, air terjun, gunung api dan hutan maupun usaha pertanian.

"Sejauh ini dari 26 desa wisata yang telah dibentuk ini baru ada delapan desa wisata yang telah berkembang dan aktif dalam kegiatan kepariwisataan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perkembangan desa wisata ini bukan hanya dilihat dari potensinya saja tetapi juga aktivitas kelembagaan wisata yang ada di masing-masing desa berupa kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Berdasarkan penilaian pihaknya di lapangan, kata dia, dari 26 desa wisata yang telah ditetapkan melalui SK Bupati Rejang Lebong sejak beberapa tahun terakhir hanya ada yang benar-benar dinyatakan aktif sebagai desa wisata.

Adapun delapan desa wisata yang dinilai aktif ini di antaranya Desa Pal VII Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Purwodadi dan Desa Baru Manis di Kecamatan Bermani Ulu. Kemudian Desa Cawang Lama, Desa Kayu Manis dan Desa Sumber Urip di Kecamatan Selupu Rejang.

Seterusnya ialah Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi dan Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran yang tahun 2023 lalu keluar sebagai juara I desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu.

Menurut dia, untuk membantu pengembangan desa wisata yang ada di wilayah itu pihaknya telah melakukan sejumlah upaya salah satunya dengan menjadikan beberapa desa wisata yang berprestasi untuk menjadi baromoter agar desa-desa wisata lain untuk terpacu ikut berkembang.

Sedangkan upaya lain, tambah dia, ialah melakukan penguatan internal desa-desa wisata melalui berbagai pelatihan dan sosialisasi tentang pariwisata dengan menghadirkan nara sumber dari berbagai pihak, termasuk dari desa wisata yang telah berprestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Dia berharap desa wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dapat mengembangkan diri dengan mengoptimalkan potensi yang ada di masing-masing desa dengan melibatkan pokdarwis dan masyarakat desa setempat.


Baca juga: Bengkulu gencarkan promosi wisata lewat konten kreatif digital

Baca juga: Gubernur Bengkulu minta Rejang Lebong kembangkan sektor pariwisata

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024