Dar es Salaam (ANTARA) - Otoritas penerbangan Tanzania pada Senin (15/1) mengumumkan penangguhan semua penerbangan penumpang Kenya Airways pada rute ibu kota Kenya, Nairobi, dan pusat komersial Tanzania, Dar es Salaam, yang berlaku mulai 22 Januari 2024.

Otoritas Penerbangan Sipil Tanzania (Tanzania Civil Aviation Authority/TCAA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah tersebut merupakan respons atas penolakan Kenya baru-baru ini terhadap permintaan Tanzania untuk mengizinkan maskapainya, Air Tanzania Company Limited, mengoperasikan penerbangan kargo pada rute Nairobi dan negara-negara ketiga.
 
Foto yang diambil pada 23 Desember memperlihatkan maskapai penerbangan utama Tanzania yang berbasis di Dar es Salaam, Air Tanzania Company Limited, menerima Airbus A220-300 di Bandara Internasional Julius Nyerere. (Xinhua)   

Menurut pernyataan yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal TCAA Hamza Johari, TCAA menyebut penolakan otoritas Kenya sebagai pelanggaran Pasal 4 dari nota kesepahaman tentang Layanan Udara yang ditandatangani antara kedua negara pada 2016.

Tanzania berkomitmen pada peraturan penerbangan internasional dan perjanjian bilateral, demikian bunyi pernyataan itu.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024