Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono menyatakan perubahan iklim yang terjadi saat ini tidak akan memengaruhi target swasembada pangan 2014 yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurut Suswono di Jakarta, Jumat, target swasembada pada 2014 untuk produksi padi 76,57 juta ton, jagung 20,82 juta ton, kedelai 2,7 juta ton, gula 3,1 juta ton dan daging sapi 530 ribu juta ton

"Pada akhir tahun terwujud atau tidak, kalau tidak ada alasan yang kuat, jelasnya kita tidak mengubah, revisi," katanya.

Sementara itu Direktur Jenderal Tanaman Pangan Udhoro Kasih Anggoro membantah ada revisi target swasembada pangan tahun depan.

"Instrumen dulu dilaksanakan untuk terpenuhi target selesai, jangan dibalik, target direvisi sebabnya dulu apa mau direvisi," katanya.

Menurut Direktur Budidaya Aneka Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, Kementerian Pertanian Maman Suherman, pembahasan revisi target swasembada belum ada.

"Belum lagi dibahas apa ada perubahan produksi, target tetap diupayakan untuk mempercepat pelaksanaan," katanya.

Oleh karena itu, menurut Maman, untuk mencapai target swasembada tahun depan dilakukan dengan penambahan luas lahan 340 ribu hektare dari yang dicanangankan 600 ribu - 1 juta hektare luas lahan.

"Tapi realisasi penambahan luas lahan baru 110 hektare kalau minimal bisa mendekati 220 hektare luasnya tercapai target swasembada selesai," katanya.


Pewarta: Subagyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013