Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua menyebutkan ada empat sektor unggulan yang berpotensi menjadi sumber ekonomi baru sehingga diharapkan dapat dikembangkan Pemerintah Daerah untuk menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya di Jayapura, Rabu, mengatakan sektor unggulan tersebut yakni pariwisata, perikanan, pertanian dan ekonomi kreatif.

“Keempat sektor tersebut ini berpotensi tumbuh lebih tinggi dan berkesinambungan ke depannya yang diharapkan dapat menjadi peluang bagi pemerintah untuk mengembangkan potensi tersebut,” katanya.

Menurut Juli, terkait dengan sektor-sektor unggulan sangat penting untuk dikembangkan mengingat potensi tersebut berasal dari daerah masing-masing di Papua.

“ini penting bagi ekonomi Papua karena sektor tersebut mempunyai multiplier efek yang besar,” ujarnya.

Dia menjelaskan misalnya pada sektor pariwisata jika dikembangkan pasti akan diikuti oleh transportasi lalu perdagangan, hotel, restoran dan lain-lainnya sehingga mendorong ekonomi lebih tinggi dan tumbuh berkesinambungan.

“Jadi keempat sektor yang telah teridentifikasi tersebut sebagai sumber untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan PAD,” katanya lagi.

Dia menambahkan selain keempat sektor tersebut ada juga potensi hutan Papua yang menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi dimana dulu paradigma dengan menebang pohon bisa menghasilkan uang namun kini dengan konservasi atau memelihara dapat menghasilkan uang melalui penyerap emisi karbon.

“Namun tetap dengan memperhatikan ekonomi digitalisasi dan wawasan lingkungan,” ujarnya lagi.


Baca juga: BI Papua mendorong perbankan gencar sosialisasi nontunai

Baca juga: BI Papua: Border Trade Show 2023 bangkitkan ekonomi di perbatasan


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024