Jakarta (ANTARA) - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkomitmen untuk menciptakan nilai (value) dalam setiap aktivitas bisnis guna mendorong bisnis yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir berharap fokus MCI tersebut mampu membawa perubahan sekaligus menciptakan bisnis yang memiliki nilai serta dampak positif untuk masyarakat luas.

"Di Mandiri Capital Indonesia, fokus utama kami tidak hanya pada penciptaan nilai finansial, tetapi juga pada value creation dalam aktivitas bisnis kami,” kata Ronald dalam Media Outlook 2024, di Jakarta, Rabu.

Melalui banyaknya anak perusahaan yang dimiliki oleh Mandiri Group, Ronald menilai, MCI mampu menciptakan banyak peluang dan akses jaringan yang luas kepada para startup untuk mengembangkan solusi dan inovasi bisnis yang berdampak dan berkelanjutan.

Untuk mewujudkannya, MCI mengimplementasi program XYZ.

Program XYZ, meliputi program Xponent untuk business matchmaking startup dengan Mandiri Group, melakukan program Xchange dengan melakukan inovasi terhadap beberapa innovation lab yang ada di Singapura.

Selanjutnya Y-Axis yang mewadahi para perusahaan rintisan (startup) untuk memperluas jejaring terhadap komunitas teknologi (tech community), investor dan korporasi.

Serta program Zenith Accelerator yang ditujukan guna pengembangan bisnis dan kolaborasi bersama ekosistem Mandiri Group.

Lebih lanjut, Ronald menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023, MCI telah menginisiasi berbagai aktivitas pendanaan dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya kolaborasi bersama lima Corporate Venture Capital (CVC) dari BUMN dalam pembentukan Merah Putih Fund, BTN Fund, sekaligus kerja sama strategis bersama dengan Investible untuk mengelola Mandiri Investible Global Climate Tech Fund.

Adapun Mandiri Investible Global Climate Tech Fund ditujukan untuk mendukung startup di sektor Climate Tech di Asia Tenggara dan Oceania.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Investasi Mandiri Capital Indonesia Dennis Pratistha menyampaikan sepanjang 2023, MCI telah memiliki kontribusi yang kuat untuk ekonomi digital Indonesia.

"Memasuki tahun 2024, MCI memiliki bold aspiration untuk memperbesar kontribusi ke dalam ekonomi digital. Salah satunya dengan melakukan investasi yang didukung oleh funds baru kami dan menjadi Prominent Global VC Player,” ujar Dennis.

MCI akan mengembangkan strategi investasi melalui kolaborasi dengan para mitra strategis, sehingga MCI dapat menembus sektor baru, baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca juga: MCI: Aksi jajaran direksi borong saham GoTo jadi sinyal positif

Baca juga: MCI kenalkan enam startup finalis Zenith yang potensial

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024