Jadi selain sebagai penampung air untuk solusi masalah banjir di ibukota, kita juga ingin menjadikan waduk tersebut sebagai tempat hiburan bagi masyarakat,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun panggung pertunjukan di sekitar area Waduk Ria Rio, Jakarta Timur sebagai bagian dari upaya normalisasi dan penataan waduk tersebut.

"Jadi selain sebagai penampung air untuk solusi masalah banjir di ibukota, kita juga ingin menjadikan waduk tersebut sebagai tempat hiburan bagi masyarakat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut Basuki, tempat hiburan yang akan dibangun Pemprov DKI di area waduk yang terletak di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung tersebut nantinya akan berupa "opera house" sesuai dengan cita-cita Presiden I RI Soekarno.

"Dulu, Bung Karno bercita-cita membangun sebuah teather yang besar atau opera house di Jakarta, tapi belum sempat diwujudkan. Cita-cita beliau itu yang ingin kita realisasikan sekarang. Kita akan bangun opera haouse yang kira-kira dapat menampung hingga 5.000 orang," ujar Basuki.

Basuki menuturkan pemanfaatan opera house itu nantinya akan terbuka untuk masyarakat umum. Terutama, jika acara-acara yang ada diselenggarakan oleh Pemprov DKI, maka akan digratiskan.

"Kalau kita yang menjadi pihak penyelenggara, kita akan gratiskan, khususnya bagi warga yang tidak mampu. Tapi, kalau pihak swasta yang sedang mengadakan acara, ya boleh-boleh saja mereka memberlakukan harga tiket masuk," tutur Basuki.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI akan memulai pembangunan taman sebagai tambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar Waduk Ria Rio pada awal September 2013, sedangkan normalisasi waduk itu sendiri baru akan dimulai pada Oktober 2013.

Luas keseluruhan Waduk Ria Rio nantinya mencapai 25,6 hektare dan biaya pembangunannya diperkirakan hingga sebesar Rp1 triliun.

(R027/A039)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013