Tahun ini kita akan ada beberapa event pariwisata, dalam waktu dekat Maret nanti akan ada Sabang Marine Fetival
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh terus mempromosikan potensi pariwisata Pulau Weh Sabang, salah satunya melalui agenda rutin Sabang Marine Festival (SMF) yang mengangkat potensi bahari Sabang dalam upaya meningkat kunjungan wisatawan.

“Tahun ini kita akan ada beberapa event pariwisata, dalam waktu dekat Maret nanti akan ada Sabang Marine Fetival,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Rabu.

Sabang Marine Festival 2024 direncanakan berlangsung pada awal Maret 2024, yang berkolaborasi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) sebagai inisiator SMF sejak 2015.

Ia menjelaskan beragam agenda pariwisata memang menjadi salah satu strategi Pemkot Sabang untuk menggaet wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga memberi dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Event menjadi salah satu yang kita fokuskan karena peningkatan ekonomi ketika ada event itu sangat terasa bagi masyarakat Sabang. Jadi itu menjadi salah satu strategi kita untuk memajukan pariwisata Sabang,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mengatakan sektor pariwisata menjadi fokus utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sabang, sehingga terus berupaya membenahi sektor pariwisata dan mempromosikan Pulau Weh itu melalui beragam saluran.

Penyelenggaraan berbagai kegiatan pariwisata, budaya dan lainnya memang sudah komitmen Pemkot Sabang menarik wisatawan agar berkunjung ke pulau paling barat Indonesia itu.

"Sabang butuh sekali event, dengan adanya festival atau kegiatan lain, semua pelaku pariwisata mendapatkan dampak yang positif pada peningkatan perekonomian mereka," kata Reza.

Pada 2023 terdapat sekitar 13 kegiatan skala besar yang terselenggara di Sabang, di antaranya Sabang Marine Festival, Peukateun Seni, Festival Kuah Beulangong, Festival Musik Kreatif, Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kota Sabang tahun 2023 dan Muharram Festival.

Kemudian, Anoi Itam Village Festival, Sabang Open Diving Festival 2023, Iboih Festival, Jaboi Village Festival, Festival Gampong Ie Meulee, Ethnic Music Festival, dan Ujung Barat Festival 2023.

"Sekalinya ada festival, rental mobil kita laku, akomodasi-akomodasi terisi penuh, UMKM dan para pedagang jajanan ringan jualannya laris, para pelaku seni juga dapat panggung untuk tampil," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Sabang promosi beragam potensi lewat logo branding pariwisata

Baca juga: Sabang perkenalkan lima jalur rempah dari masa ke masa

Baca juga: Desa wisata Iboih Sabang raih rekor MURI populasi lumba-lumba

Baca juga: Sabang miliki 22 spot pesona bawah laut berkelas dunia

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024