Bahwa tahun ini, Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas
Jakarta (ANTARA) - Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri membuka seleksi penerimaan Bintara jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2024, salah satunya menjaring personel dari kelompok disabilitas.

Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu, mengatakan dasar hukum penerimaan personel Polri ini adalah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 28 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2021.

Sedangkan dasar hukum untuk penerimaan personel Polri untuk kelompok disabilitas fisik berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

"Bahwa tahun ini, Polri merekrut personel dari kelompok disabilitas," kata Dedi.

Baca juga: Sosiolog Unsoed apresiasi rencana Polri rekrut penyandang disabilitas

Baca juga: Polri komitmen berikan pelayanan terbaik bagi penyandang disabilitas


Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan rekrutmen untuk kelompok disabilitas bintara Polri adalah untuk yang menamatkan pendidikan di tingkat SMU dan SMK. Kemudian SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi

Dia menjelaskan, nantinya personel Polri dari kelompok disabilitas yang lulus SIPSS akan ditugaskan untuk mengisi jabatan-jabatan seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, Administrasi dan lainnya yang bersifat non-lapangan.

Menurut mantan Kadiv Humas Polri ini, penerimaan personel kepolisian dari kelompok disabilitas tidak hanya dilakukan di Indonesia, tetapi kepolisian di dunia juga sudah melakukannya.

"Sebagai referensi pada tiga negara maju yang menerima polisi dari golongan disabilitas antara lain Australia, Amerika Serikat dan Inggris," ujarnya.

Baca juga: Polri gelar Police Art Festival ciptakan lingkungan ramah disabilitas

Baca juga: Polri utamakan peningkatan fasilitas untuk penyandang disabilitas


Pada tahun 2023, lanjut Dedi, Polri sudah menerima personel dari kelompok disabilitas melalui jalur penerimaan ASN Polri PPPK.

"Pada penerimaan ASN Polri jalur PPPK Tahun 2023, Polri telah menerima satu Polwan penyandang disabilitas daksa lulusan D3 manajemen Perusahaan, bertugas sebagai Arsiparis di Polda Sumsel,” kata Dedi.

Tahun ini pendaftaran Bintara Polri jalur SIPSS telah dibuka secara daring dari tanggal 8 Januari dan berakhir kemarin tanggal 16 Januari. Dengan jurusan yang dibutuhkan di antaranya dokter spesialis, lulusan S1 berbagai jurusan, dan lulusan S2.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024