Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri berharap tidak ada praktik politik uang dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Jangan sampai ada politik uang di sini. Saya imbau kepada kader partai untuk menolak politik uang dan junjung tinggi harga diri," kata Megawati saat berkampanye untuk pasangan Bambang D.H.-Said Abdullah di Lapangan Flores Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan, kini peredaran uang negara banyak disalahgunakan pejabat negara dengan melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tidak sedikit dengan memanfaatkan masa pilkada untuk ramai-ramai menggunakan uang negara demi hal yang tidak semestinya.

"Saya kira pemerintah tidak bisa mengontrol adanya peredaran tersebut sehingga hal ini bisa menjadi tradisi di Indonesia," kata mantan Presiden RI tersebut.

Karena politik uang membawa kerugian, dia mengimbau masyarakat cerdas memilih pemimpin yang bersih, tanpa korupsi, dan jangan mudah tertipu.

Megawati juga berpesan kepada kader PDI Perjuangan se-Jawa Timur untuk bekerja keras dan mengantar kemenangan Bambang-Said pada pilkada 29 Agustus mendatang.

Pilkada Jatim diikuti empat pasangan calon, masing-masing Soekarwo-Saifulah Yusuf, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, Bambang D.H.-Said Abdullah, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013