Peningkatan kualitas daya tarik kita, daya tarik utama (Sabang, Red) ada di kawasan Iboih dan Kilometer Nol Indonesia dan sekitarnya.
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang, Provinsi Aceh terus meningkatkan kualitas daya tarik sektor pariwisata Pulau Weh Sabang, dalam upaya menggaet kunjungan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Tahun ini kami fokus untuk melanjutkan peningkatan kualitas daya tarik kita, daya tarik utama (Sabang, Red) ada di kawasan Iboih dan Kilometer Nol Indonesia dan sekitarnya,” kata Penjabat Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, di Kota Sabang, Rabu.

Pada 2023, kata Reza, Gampong Iboih yang merupakan destinasi utama pariwisata Sabang telah dibangun dua unit lavatory atau ruang bilas lengkap dengan ruang ganti dan loker. Begitu juga sarana penyediaan air bersih untuk didistribusikan ke Pulau Rubiah.

Sedangkan pada tahun ini, Pemkot Sabang akan melanjutkan penataan daya tarik wisata Teupin Layeu Iboih, serta akan meningkatkan kapasitas kelembagaan pengelolaan kawasan agar lebih nyaman dan berkualitas serta berdaya saing.

Melalui Dinas Pariwisata Kota Sabang, pihaknya juga akan melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di daerah pariwisata, terutama bagi pemandu pariwisata dan penggerak ekonomi kreatif.

“Jadi tahun lalu kami sudah beberapa fasilitas yang sudah kami tingkatkan, dan tahun ini juga demikian. Tentu dalam meningkatkan kualitas ini bukan hanya fisiknya tapi juga tata kelola dan manajemen,” ujarnya.

Pada sisi lain, di 2024, pemkot juga fokus mengoptimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Karena memang Sabang sangat tergantung pada pendapatan untuk memenuhi setiap kebutuhan agar pelayanan publik tidak terganggu.

“Alhamdulillah tahun 2023 kami dapat menyelesaikan seluruh kegiatan dan tidak ada utang. Utang-utang yang ada di tahun 2022 pun telah kami selesaikan semuanya,” ujarnya lagi.

Selain itu, Pemkot Sabang juga terus menggaet investasi untuk beberapa aset Pemkot Sabang terkait dengan pariwisata, seperti Hotel Sabang di Banda Aceh, Gapang Resort dan Hotel Sabang Hill, yang hingga kini belum terkelola dengan baik.
Baca juga: Sabang perkenalkan lima jalur rempah dari masa ke masa
Baca juga: Sabang terus promosi potensi pariwisata lewat Marine Festival 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024