Kalau orang kaya enggak mungkin digratiskan
Jakarta (ANTARA) - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, mendapat keluhan seputar harga bahan kebutuhan pokok ketika menyambangi Pasar Bersehati di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu.

Di pasar itu, Atikoh mendengarkan aspirasi dari pedagang pasar. Mulanya, Atikoh menanyakan kepada pedagang bagaimana stok dan harga jual minyak goreng.

"Kalau minyak (goreng) untuk sementara harganya masih stabil. Yang naik sementara ini beras dan ketan harganya sudah naik, satu karung harganya naik Rp100 ribu. Pada Desember (2023) harganya stabil, tetapi setelah pada Januari ini (harganya) naik biasanya. Kalau (dulu) naik hanya Rp20 ribu, tetapi sekarang sudah Rp100 ribu," kata pedagang itu kepada Atikoh.

Dia mendengarkan secara saksama penjelasan pedagang itu, kemudian menanyakan harga bahan kebutuhan pokok lainnya.

Pedagang itu menyebutkan rata-rata harga bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan, seperti beras dan ketan.

Baca juga: Harga bahan pokok naik, Atikoh minta ibu diversifikasi pangan

Selain itu, Atikoh juga ditanyai pedagang soal kebijakan pasangan Ganjar-Mahfud ketika terpilih pada Pilpres 2024, apakah melalui program KTP Sakti pedagang akan mendapat bantuan sebagai pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Atikoh mengatakan ada penguatan mengenai bantuan, namun pasangan Ganjar-Mahfud lebih mengutamakan soal pendataan baru dan selanjutnya berbicara tentang model bantuannya.

"Mungkin ibu, terkait dengan permodalannya atau subsidi harga, tetapi itu tidak langsung. Untuk permodalan nanti akan ada beberapa skema. Ada skema yang memang untuk pedagang kecil, nah itu nanti masuknya apa, apakah untuk pedagang yang masih kecil atau sudah besar? Karena itu, tentu sistemnya beda-beda. Kalau pedagang kecil, kan, mungkin modalnya enggak terlalu banyak. Maka itu, dari KTP Sakti akan kelihatan. Salah satunya seperti itu," jelasnya.

Baca juga: Atikoh bantah isu PKH dan bansos akan dihentikan Ganjar-Mahfud.

Selain itu, ada juga pedagang menanyakan ada tidaknya rencana Ganjar-Mahfud menggratiskan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk pedagang.

"Itu akan dilihat juga. Kalau orang kaya enggak mungkin digratiskan, kan? Karena akan membebani pemerintah. Yang digratiskan itu benar-benar orang yang berhak dan tidak mampu," kata Atikoh.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Atikoh ajak warga Manado kawal suara Ganjar-Mahfud saat pencoblosan
Baca juga: Atikoh: Ganjar-Mahfud beri akses pendidikan gratis bagi rakyat miskin

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024