Jakarta (ANTARA) - Apple mengakhiri 12 tahun kepemimpinan Samsung Electronics sebagai penjual ponsel pintar terbesar di dunia, setelah menguasai 20 persen pangsa pasar pada tahun 2023, menurut laporan dari International Data Corp.

Dikutip dari Reuters, Kamis, Samsung mengakhiri tahun ini dengan pangsa 19,4 persen, diikuti oleh Xiaomi, Oppo dan Transsion dari China, menurut data awal dari Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker IDC.

Perubahan peringkat ini terjadi setelah tahun yang sulit di mana konsumen lamban dalam melakukan peningkatan ponsel pintar dan memilih ponsel yang lebih murah karena tingginya inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

Pemulihan yang lebih lambat dari perkiraan di China, pasar ponsel pintar terbesar di dunia, juga membebani penjualan ponsel secara keseluruhan.

Baca juga: Apple sedang nego penggunaan AI dengan penerbit berita

Apple dan Transsion, yang menjual merek Tecno, Infinix dan itel, merupakan dua dari lima vendor ponsel pintar teratas yang mencatat pertumbuhan penjualan tahun lalu, meskipun pasar secara keseluruhan turun 3,2 persen menjadi 1,17 miliar unit dan mencapai titik terendah dalam satu dekade.

“Meskipun kami melihat pertumbuhan yang kuat dari pemain Android kelas bawah seperti Transsion dan Xiaomi pada paruh kedua tahun 2023, yang berasal dari pertumbuhan pesat di pasar negara berkembang, pemenang terbesar jelas adalah Apple,” kata Direktur Riset di tim IDC’s Worldwide Tracker Nabila Popal.

Pengiriman ponsel dari Samsung turun 13,6 persen, sedangkan pengiriman iPhone naik 3,7 persen tahun lalu, menurut data IDC.

Samsung fokus pada segmen kelas menengah hingga kelas atas untuk mendapatkan keuntungan tetapi kehilangan pangsa di segmen kelas bawah, kata Amber Liu dari firma riset Canalys.

Namun Apple menghadapi tekanan di China dari bangkitnya kembali Huawei dan juga dari merek-merek murah negeri tirai bambu tersebut. Pembuat iPhone menawarkan diskon sebanyak 5 persen pada beberapa model di negara tersebut untuk menarik pelanggan.

Baca juga: Apple perluas kapasitas "Find My" hingga 32 perangkat

Baca juga: Apple tarik peredaran iOS 17.3 beta 2 akibat temuan "bootloop"

Baca juga: Xreal rilis kacamata AR terbaru, bersaing dengan Apple Vision Pro

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024