Jadi kami melakukan GPM dengan cara mendatangi langsung masyarakat. Kami menyediakan kendaraan khusus untuk membawa pangan untuk dijual di tempat-tempat yang dianggap rawan atau rentan pangan.
Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) keliling menggunakan sebuah mobil yang mengangkut berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat,  di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan kegiatan GPM ini akan terus digelar di 30 kecamatan sebagai upaya menstabilkan harga sekaligus menjaga ketersediaan bahan pokok di Kota Kembang.

"Jadi kami melakukan GPM dengan cara mendatangi langsung masyarakat. Kami menyediakan kendaraan khusus untuk membawa pangan untuk dijual di tempat-tempat yang dianggap rawan atau rentan pangan,” kata Gin Gin di Bandung, Kamis.

Baca juga: Pemprov Kalbar gelar Gerakan Pangan Murah di Kayong Utara

Gin Gin mengatakan GPM berkeliling ini akan terus dikembangkan dengan berbagai pihak untuk digelar secara masif di berbagai wilayah untuk memastikan pasokan bahan pokok dapat dijangkau khususnya bagi masyarakat yang berada di pinggiran kota.

“Kami akan terus berkoordinasi agar bisa dilakukan di tempat lain sampai masyarakat terbantu dan harga bisa stabil,” katanya.

Dia mengatakan pada kegiatan GPM kali ini berbagai bahan pokok dijual dengan harga murah dan di bawah harga pasar karena telah disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk setiap komoditas.

"Saat ini harga beberapa pangan masih naik, seperti beras, daging ayam, cabai dan lainnya. Kami mengantarkan pangan dengan harga murah karena sudah disubsidi pemerintah,” kata dia.

Baca juga: Bulog-Kejari Wajo gelar pasar pangan murah bantu warga kurang mampu

Berbagai komoditas pangan dengan harga lebih murah dijual pada kegiatan GPM kali ini meliputi beras SPHP Rp53.000 per lima kilogram, minyak goreng premium Rp14.000 per liter, ayam negeri Rp39.000 per ekor, cabai rawit Rp50.000 per kilogram, dan aneka sayuran serba Rp5.000.

Selain menyediakan pangan murah, lanjut Gin Gin pihaknya juga memfasilitasi pemeriksaan rabies pada hewan, pemeriksaan uji bahan pangan, serta memberikan bibit sayuran hingga hewan kepada masyarakat secara gratis.

“DKPP juga membagikan sebanyak 250 bibit tanaman, 500 bibit ayam, dan 250 Ikan nila siap konsumsi,” kata Gin Gin.

 

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024