Jakarta (ANTARA) - Dua mantan personel grup idola JKT48 menjadi dua dari 70 peserta yang akan berpartisipasi dalam musim kelima ajang bertahan menjadi idola, "CHUANG Asia: Thailand" yang akan memulai syuting pada 19 Januari mendatang.

Kedua peserta ini yakni Caithlyn Gwyneth Santoso atau disapa Caithlyn (15) yang sebelumnya anggota JKT48 Generasi 9 dan Made Devi Ranita Ningtara (Devi), perempuan kelahiran tahun 2000 dan pernah menjadi bagian dari JKT48 Generasi 5 Tim T.

Baik Caithlyn maupun Devi dalam konferensi pers di Jakarta, mengatakan telah mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik selama program.

"Yang ingin aku tonjolkan nyanyi, karena sebelum acara ini aku belum ada kesempatan buat nunjukin vokal aku dan sisi personality aku yang sangat ceria," kata Caithlyn.

Baca juga: GoPlay Creator's Playdate bakal digelar 4 Februari 2023

Caithlyn sebelumnya menjalani audisi secara daring. Kala itu dia menyanyikan lagu "Gone" milik penyanyi idola sekaligus personel grup BLACKPINK dan membawakan koreografi salah satu lagu dalam film "Barbie".

"Waktu itu aku ditawarin manajer aku buat ikutan ini. Persiapannya cukup lama, sebulan mungkin. Itu online audition gitu," ujar dia.

Setelah dinyatakan lolos audisi tahap pertama dia mengaku bersemangat sekaligus gugup. Berbicara motivasi ikut serta dalam "CHUANG Asia: Thailand", dia menuturkan ingin mengetahui cara menjadi idola sekaligus fokus pada kesukaannya termasuk di dunia tarik suara.

Sementara itu, berbicara persiapan, Devi yang berasal dari Bali kembali belajar menyanyi dan menari karena sudah sekitar lima tahun tidak melakukannya di panggung. Dia juga mempelajari rap karena sebagai hal baru baginya.

Seperti halnya Caithlyn, dia juga mengikuti audisi secara daring. Kala itu dia membawakan beberapa lagu Barat dan lagu K-pop untuk menunjukkan kemampuan membawakan koreografinya.

"Audisi kemarin aku tiga kali bawain beberapa lagu Western gitu, dan untuk dancenya aku K-Pop," kata dia yang merasa harus menunjukkan kemampuan terbaik karena mewakili Indonesia.

Devi mengatakan akan menonjolkan membawakan koreografi dalam "CHUANG Asia: Thailand".

"Kalau vokal atau dance, aku mau nonjolin dance aku. Kalau ada kesempatan tari Bali juga, jadi mereka tahu Indonesia ada budaya-budaya lain," ujar dia.

Di sisi lain, Country Head WeTV Indonesia Lesley Simpson mengatakan baik Caithlyn maupun Devi bersama 68 peserta pelatihan lainnya dari 9 negara yakni Tiongkok, Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang, Vietnam, Amerika, India, dan Korea akan berkompetisi di babak penyisihan yang menyisihkan separuh dari total peserta.

Nantinya, dari 35 peserta yang lolos akan disaring ke babak selanjutnya, menyisakan 20 orang.

"Dari 20 dipilih 7 orang (sebagai personel dari grup idola wanita bentukan acara). Vote tertinggi jadi center position. Mereka di setiap tur, konser, akan selalu ikuti posisi sesuai vote," kata Leslie.

Perjalanan para peserta pelatihan "CHUANG Asia: Thailand" akan ditayangkan di aplikasi WeTV mulai 3 Februari 2023 pukul 21.30 WIB. Mereka yang ingin berpartisipasi memberikan suara untuk peserta favorit juga bisa mengakses aplikasi yang sama.

"CHUANG Asia: Thailand" melibatkan mentor-mentor ternama seperti penyanyi idola sekaligus personel grup K-pop GOT7 Jackson Wang , penyanyi Mike Angelo, Jeff Satur, Ten dari grup idola WayV & NCT, serta Nene Pornnappan yang dulu pernah berpartisipasi dalam acara "CHUANG Asia" tahun 2020 dan menjadi salah satu pemenang.

Baca juga: "CHUANG Asia: Thailand" bakal ditayangkan Februari 2024

Baca juga: WeTV hadirkan kompetisi idola China hingga drama Asia baru


Baca juga: Mayu Watanabe mantan AKB48 pensiun dari dunia hiburan Jepang

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024