Kami berharap para penyuluh pertanian yang bertugas di setiap desa dalam kabupaten Aceh Besar untuk melahirkan inovasi dan memiliki inisiatif dengan cepat dalam melakukan pengembangan berbagai komoditas pertanian terutama padi
Banda Aceh (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Sulaimi meminta tenaga penyuluh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Dinas Pertanian daerah setempat untuk dapat melahirkan inovasi untuk mengembangkan sektor pertanian dalam upaya meningkatkan produksi dan menyejahterakan petani.

“Kami berharap para penyuluh pertanian yang bertugas di setiap desa dalam kabupaten Aceh Besar untuk melahirkan inovasi dan memiliki inisiatif dengan cepat dalam melakukan pengembangan berbagai komoditas pertanian terutama padi,” kata Sekda Aceh Besar Sulaimi di Jantho, Kamis.

Di sela-sela evaluasi dan bersilaturrahmi dengan penyuluh PPPK Dinas Pertanian dan turut dihadiri Kadis Pertanian Jakfar dan Kabid bidang Penyuluhan, Ia menjelaskan para penyuluh dapat menghadirkan demplot-demplot di tempat bertugas guna memberikan percontohan kepada petani lainnya untuk peningkatan produksi yang akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan.

“Artinya, inovasi yang dihadirkan seperti demplot pertanian akan menjadi contoh bagi para petani lainnya untuk peningkatan produksi,” katanya.

Ia juga berharap pertanian di Kota Jantho bisa dihidupkan kembali sehingga menjadi percontohan bagi kawasan lainnya dan akan menjadi pusat pengembangan komoditi unggul serta menjadi destinasi kunjungan wisata pertanian di masa mendatang.

Pihaknya juga menaruh harapan besar kepada seluruh para penyuluh yang tersebar di 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar, karena para penyuluh adalah tutur yang dapat menularkan ilmu kepada para petani.

Adapun luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Besar seluas 25.692 terdiri dari sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

Baca juga: Kementan upayakan peningkatan produktivitas petani Aceh Besar

Baca juga: Dinas Pertanian minta petani di Aceh Besar waspada

Baca juga: BI sebut Aceh perlu hilirisasi sektor pertanian dan pariwisata


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024